DetikNews
Rabu 03 Oktober 2018, 10:00 WIB

Jokowi Jenguk Korban Gempa Palu yang Dirawat di Bandara

Ray Jordan - detikNews
Jokowi Jenguk Korban Gempa Palu yang Dirawat di Bandara Presiden Jokowi menjenguk para korban gempa yang berada di RS darurat di kawasan Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie, Rabu (3/10/2018) Foto: Ray Jordan-detikcom
Jakarta - Pesawat yang membawa Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari Jakarta sudah mendarat di Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie, Kota Palu, Sulawesi Tengah. Keluar dari pesawat, Jokowi langsung menghampiri posko kesehatan darurat yang dibuat di halaman bandara.

Pesawat Boeing 737-400 TNI AU yang ditumpangi Jokowi mendarat sekira pukul 10.17 WITA. Jokowi yang mengenakan kemeja putih, celana jins warna biru dan sepatu kets warna hitam, langsung melihat rumah sakit darurat yang dibuka di halaman luar terminal, tak jauh dari wilayah landasan pacu.

Jokowi menyapa satu per satu pasien yang dirawat. Beberapa pasien tampak dipasangi alat infus. Banyak juga pasien yang anggota tubuhnya diperban dan mengalami patah atau retak tulang.

Pasien itu terbaring di atas sebuah tandu. Ada juga yang terbaring di bangku yang biasa dijadikan untuk calon penumpang pesawat menunggu.




Jokowi menyalami beberapa pasien yang tengah terbaring lemah. Namun Jokowi tak mau pasien itu bangun dari baringnya.

"Sudah, sudah, jangan bangun. Di situ saja, istirahat," kata Jokowi.


 Presiden Jokowi menjenguk para korban gempa yang berada di RS darurat di kawasan Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie, Rabu (3/10/2018) Presiden Jokowi menjenguk para korban gempa yang berada di RS darurat di kawasan Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie, Rabu (3/10/2018) Foto: Ray Jordan-detikcom



Jokowi juga sempat berdialog singkat dengan beberapa pasien. Salah satunya mengenai rumah korban.

"Rumahnya di mana?" kata Jokowi.

"Di Kota Palunya Pak," jawab pasien itu.

"Yang sabar ya. Ini satu-satu dulu. Sembuh dulu ya," ujar Jokowi.





Ada sekitar 15 menit Jokowi menghabiskan waktu menyapa para korban. Selanjutnya, Jokowi direncanakan meninjau beberapa titik di Kota Palu yang terdampak gempa. Salah satunya Hotel Roa Roa yang mengalami kerusakan parah dan menimbulkan korban.


Saksikan juga video 'Jokowi Temui Korban Gempa Palu':

[Gambas:Video 20detik]


(jor/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed