DetikNews
Jumat 28 September 2018, 22:55 WIB

BNPB Masih Data Jumlah Korban Tsunami di Palu dan Donggala

Indah Mutiara Kami - detikNews
BNPB Masih Data Jumlah Korban Tsunami di Palu dan Donggala Foto: Ilustrasi gempa Donggala dan tsunami Palu (Nadia Permatasari/detikcom)
Jakarta - Gempa dan tsunami di Palu serta Donggala mengakibatkan korban jiwa. BNPB masih mendata jumlah korban dan belum mendapat angka pasti.

"Laporan sementara, terdapat beberapa korban yang meninggal karena tertimpa bangunan roboh. Tsunami juga menerjang beberapa permukiman dan bangunan yang ada di pantai. Jumlah korban dan dampaknya masih dalam pendataan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Jumat (28/9/2018).

[Gambas:Video 20detik]




Petugas BPBD, TNI, Polri, Basarnas, SKPD, dan relawan melakukan evakuasi dan pertolongan pada korban. Sutopo memastikan penanganan darurat terus dilakukan.

"Komunikasi yang lumpuh saat ini menyebabkan kesulitan untuk koordinasi dan pelaporan dengan daerah. Kondisi listrik padam juga menyebabkan gelap gulita di Palu dan Donggala. Gempa susulan masih terus berlangsung," paparnya.

Tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) malam ini langsung bergerak ke Donggala, yang diterpa gempa besar 7,4 SR. Karena bandara Palu lumpuh, tim bergerak melalui Balikpapan dan Makassar.



Tim tersebut langsung dipimpin oleh Kepala BNPB Willem Rampangilei. Tim yang dipimpin Willem bertolak dari Jakarta via Makassar.

"Dari Makassar, tim yang dipimpin Kepala BNPB berangkat ke Donggala dengan helikopter karena bandara Palu ditutup," ujar Sutopo.
(imk/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed