detikNews
Rabu 26 September 2018, 05:16 WIB

Teman Ahok yang Kini Jalan Sendiri-sendiri

Danu Damarjati - detikNews
Teman Ahok yang Kini Jalan Sendiri-sendiri Amalia Ayuningtyas yang dulu dikenal sebagai pendiri Teman Ahok (ilustrator Subastian Basith)
Jakarta - Teman Ahok sudah tidak ada. Relawan pendukung mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) itu telah bertransformasi.

Teman Ahok telah berganti menjadi Sejuta Teman. Pendiri Teman Ahok, Amalia Ayuningtyas, mengatakan relawan yang ada di dalam kelompok tersebut kini punya jalan masing-masing.

"Banyak yang sudah jalan masing-masing setahuku," kata Amalia kepada detikcom, Selasa (25/9/2018).


Amalia sempat ikut mengkonsep Sejuta Teman. Namun Amalia pamit sebelum Teman Ahok berubah nama menjadi Sejuta Teman. Sejuta Teman sendiri kini dipimpin Muhammad Fathony.

"Singgih dan Amalia dulu juga turut terlibat dalam mengkonsep Sejuta Teman. Ketika kami pamit dari Sejuta Teman, Sejuta Teman sedang membangun fondasi yayasan sosial yang bisa establish untuk jangka panjang dan belum menentukan arah perjuangan politik selanjutnya," kata Amalia.

Amalia lalu bersama Singgih Widiastono yang juga pendiri Teman Ahok, membentuk kelompok baru bernama Ayojo yang merupakan singkatan dari Ayo Jokowi. Ayojo merupakan kelompok pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin.


Amalia bersama Singgih membentuk Ayojo karena ingin terlibat di Pilpres 2019. Dia mengatakan banyak anak muda yang bersedia membantu Jokowi-Ma'ruf.

"Banyak lho anak-anak muda yang mau bantu Pak Jokowi dan Pak Ma'ruf Amin," kata Amalia.


Amalia sadar, Ma'ruf pernah mengeluarkan fatwa terhadap Ahok, bahwa Ahok adalah penista agama. Meski demikian, menurutnya, Pilpres 2019 ini bisa jadi proses rekonsiliasi bangsa demi kemajuan Indonesia.

"Dan banyak yang ingin menjadikan Pilpres ini sebagai proses rekonsiliasi bangsa. Untuk mengedepankan kepentingan bersama, untuk Indonesia yang bersatu dan lebih maju," kata Amalia.


Simak Juga 'Nusron Pastikan Ahoker Relanu Dukung Ma'ruf Amin':

[Gambas:Video 20detik]


(jbr/ibh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed