DetikNews
Jumat 21 September 2018, 16:11 WIB

Menkum HAM: Ruangan Sel Seperti Novanto Ada 50-an di Sukamiskin

Andhika Prasetia - detikNews
Menkum HAM: Ruangan Sel Seperti Novanto Ada 50-an di Sukamiskin Menkum HAM Yasonna Laoly (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly membantah bila dikatakan Setya Novanto menempati ruangan sel yang lebih besar dibanding sel lain di Lapas Sukamiskin. Sebab, menurut Yasonna, jumlah sel seperti yang dihuni Novanto lebih dari 50 unit.

"Ada 52 ruangan seperti itu. Sekitar 50-anlah yang seperti ruangan Setnov (Setya Novanto)," ucap Yasonna di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (21/9/2018).

Yasonna pun mengaku sudah meminta keterangan langsung kepada Kalapas Sukamiskin Tejo Harwanto. Sebelumnya, detikcom pun sudah mewawancarai Tejo, yang menyampaikan ukuran kamar itu sudah ada sejak Lapas Sukamiskin dibangun Belanda.




Yasonna mengiyakan bahwa sel yang saat ini ditempati Novanto berbeda dengan sel yang dulu dihuni saat Kemenkum HAM melakukan inspeksi mendadak (sidak). "Iyalah, karena dari dulu.... Dulu waktu wawancara nggak di situ. Itu saja," imbuh Yasonna.

Sebelumnya, KPK mengingatkan Kemenkum HAM serius membenahi masalah sel mewah terkait dengan terungkapnya sel Novanto di Lapas Sukamiskin. Narapidana seharusnya tidak diperbolehkan membawa barang-barang khusus ke dalam sel.
(dkp/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed