DetikNews
Minggu 16 September 2018, 07:15 WIB

Sel Mewah Novanto, Pukat UGM Desak Menkumham Evaluasi Ditjen Pas

Rivki - detikNews
Sel Mewah Novanto, Pukat UGM Desak Menkumham Evaluasi Ditjen Pas Foto: Sel Setya Novanto di Lapas Sukamiskin (istimewa)
Jakarta - Terpidana kasus korupsi e-KTP, Setya Novanto, kepergok memiliki sel mewah di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jabar. Pukat UGM, mendesak agar Menkumham Yasonna Laoly melakukan evaluasi besar-besaran di lingkungan Ditjen Pas.

"Harus ada gebrakan dari Menkumham untuk membenahi jajarannya terutama di Ditjen Pas. Harus dievaluasi mengapa ini bisa terus berulang," ucap peneliti Pukat UGM, Oce Madril, saat diwawancara detikcom, Minggu (16/9/2018).



Oce menilai, karena kasus ini terus berulang, harusnya ada penyegaran di tubuh Kemenkumham. Dia menjelaskan, pencopotan Dirjen Pas pantas dilakukan karena kasus sel mewah selalu terulang.

"Saya rasa kalaupun ada pencopotan harus di jajaran Dirjen, harus evaluasi besar-besaran. Di samping itu Kalapas juga harus bertanggung jawab karena ini wilayahnya. Tapi jangan hanya di Kalapas saja pencopotan, harus di level atasnya," ungkapnya.



Oce menambahkan, seharusnya kasus seperti ini tidak perlu terjadi jika para pejabat Kemenkumham antikorupsi. Dia menduga ada aroma suap di balik peristiwa berulang ini.

"Jadi harus ditunggulah gebrakan apa yang akan dilakukan Menkumham," ucapnya.

Sel mewah Novanto terungkap ketika Ombudsman melakukan sidak. Di sana Ombudsman sel Novanto yang lebih besar dan mewah. Salah satunya toilet di sel tersebut yang beda dengan napi lainnya.



Saksikan juga video 'Novanto Tempati Sel Palsu, Masinton: Bongkar Lapas!':

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed