DetikNews
Sabtu 15 September 2018, 07:01 WIB

Loncatan Mengejutkan Ridwan Kamil

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Loncatan Mengejutkan Ridwan Kamil Mantan timses Prabowo yang kini mendukung Jokowi, Ridwan Kamil. (Agung Pambudhy/detikcom)
Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuat loncatan politik. Dari semula mendukung Prabowo Subianto, kini Ridwan Kamil mendukung Joko Widodo (Jokowi).

Pria 46 tahun ini semula diusung Gerindra saat mencalonkan diri sebagai Wali Kota Bandung pada 2013. Otomatis, karena mendapat dukungan dari Gerindra, sosok yang akrab disapa Kang Emil ini masuk timses Prabowo di Pilpres 2014.


"Tahun 2014 saya dukung Pak PS (Prabowo Subianto, red). Saya kerja sebagai ketua timses Bandung," ujar Emil via Twitter, Jumat (14/9/2018).

Pada tahun itu, Prabowo unggul atas Jokowi di Jabar. Emil turut berperan atas kemenangan Prabowo di Jabar.


"Menang 29 dari 30 kecamatan. Saya bikin testimoni. Bantu partainya," ucap Emil.

Tahun silih berganti, Emil mencalonkan diri sebagai Gubernur Jabar. Dukungan diberikan dari parpol koalisi pemerintah Jokowi (NasDem, PPP, PKB, dan Hanura). Emil menang. Alumnus ITB ini lantas berkomitmen mendukung Jokowi di Pilpres 2019.

Ia pun buka-bukaan soal loncatan dukungan dari Prabowo ke Jokowi. Sebab, Emil tak diusung Prabowo. Di Jabar, Prabowo mengusung Sudrajat-Ahmad Syaikhu.

"Namun pilgub ini saya tidak didukung beliau (Prabowo). Wajar orientasi politik pun bergeser. Itu adab dan akal sehat saya," tutur Emil.



Simak video Solusi Ridwan Kamil Antisipasi Mobil Masuk Jurang
(dkp/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed