DetikNews
Kamis 13 September 2018, 21:09 WIB

Baleg Sahkan RUU Pesantren Jadi Inisiatif DPR

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Baleg Sahkan RUU Pesantren Jadi Inisiatif DPR Foto: Anggota DPR PKB Cucun Ahmad Syamsurijal (Lamhot Aritonang)
Jakarta - Rapat Badan Legislasi (Baleg) DPR RI mengesahkan rancangan undang-undang (RUU) Pesantren dan Pendidikan Keagamaan sebagai usul inisiatif DPR. Selanjutnya, RUU akan dibawa ke paripurna dalam waktu dekat untuk dimintakan persetujuan.

Ketua Fraksi PKB Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan, pihaknya sebagai pengusul RUU itu mengapresiasi kinerja Baleg. Dia bersyukur kerja keras fraksi PKB untuk menghadirkan RUU Madrasah dan Pendidikan Keagamaan membuahkan hasil.

"Ini tentu patut di syukuri, bahwa apa yang menjadi perjuangan Fraksi PKB dengan menginisiasi hadirnya rancangan undang-undang yang memiliki keberpihakan pada madrasah dan pesantren akhirnya berhasil diperjuangkan," kata Cucun dalam keterangan tertulisnya, Kamis (13/9/2018).


Kendati demikian, Cucun mengatakan perjuangan untuk menghadirkan UU yang berpihak pada pesantren dan madrasah di parlemen masih panjang. Sebab, RUU harus mendapat persetujuan dalam rapat paripurna.

"Kita akan berjuang terus, hari ini status RUU itu meningkat menjadi RUU Inisiatif DPR, ini tentu kabar baik, dan akan terus kami perjuangkan agar ada percepatan pengesahan RUU ini menjadi UU dalam rapat Paripurna," ujarnya.

Cucun menjelaskan, RUU ini dilatarbelakangi banyak terjadinya proses ketidakadilan di dunia pendidikan, khususnya pesantren dan madrasah. Padahal, pesantren dan madrasah juga berkontribusi besar bagi pendidikan dan pembangunan akhlak bangsa Indonesia.

"Itulah kenapa, F-PKB menginiasi ini sudah lama, kita gencar agar ada keadilan, kesetaraan prioritas pengembangan antara pendidikan umum dan pendidikan berbasis madrasah dan pesantren. Tidak seperti hari ini, pesantren dan madrasah dianak tirikan," kata Cucun.


Cucun pun meminta para ulama dan segenap masyarakat untuk ikut memberikan dukungan terhadap RUU Pesantren dan Pendidikan Keagamaan ini. Agar nantinya segera hadir UU yang berpihak pada dunia pesantren dan madrasah.

"Doakan kami, para santrinya yang tengah mengabdi di PKB yang mengemban tugas di DPR, untuk hasil maksud, melahirkan kebijakan yang membawa keberkahan kemaslahatan dan kesejahteraan bagi warga Indonesia," pungkasnya.
(mae/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed