DetikNews
Selasa 04 September 2018, 19:15 WIB

PPP ke Roy Suryo: Daripada Nyinyir, Kembalikan Aset Kemenpora Bro

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
PPP ke Roy Suryo: Daripada Nyinyir, Kembalikan Aset Kemenpora Bro Wasekjen PPP Baidowi (Foto: dok. pribadi)
Jakarta - Wakil Ketua Umum Demokrat Roy Suryo disurati Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk segera mengembalikan aset negara yang digunakan semasa menjadi Menpora. Wasekjen PPP Ahmad Baidowi mengaku prihatin dan menyarankan Roy mengembalikan inventaris negara tersebut.

"Tentu kalau itu benar kami prihatin," ujar pria yang akrab disapa Awiek itu kepada detikcom, Selasa (4/9/2018).


Awiek mengaku telah mendengar kasus ini beberapa waktu lalu. Namun dia mengira pengembalian aset tersebut sudah diselesaikan oleh Roy.

"Kalau memang benar yang disampaikan Kemenpora dan BPK, maka harus dikembalikan karena itu milik negara. Sekecil apa pun inventaris negara harus utuh. Sebaliknya, jika itu tidak benar dan Bro Roy Suryo punya bukti lain, ya sampaikan saja kepada publik," tutur Awiek.

Awiek berharap Roy segera menyelesaikan persoalan inventaris Kemenpora itu ketimbang selalu nyinyir kepada pemerintah. Apalagi beberapa waktu lalu, Roy memang kerap mengkritik perhelatan Asian Games 2018.


Pada saat pembukaan Asian Games, Roy mengkritik penampilan Jokowi yang menggunakan stuntman. Kemudian, pada closing ceremony, Roy juga berkomentar terkait Jokowi yang memberikan sambutan melalui video dari Lombok hingga menyebut prestasi Indonesia karena faktor tuan rumah.

"Daripada sibuk nyinyir prestasi atlet Indonesia dan kesuksesan Asian Games, lebih baik Bro Roy selesaikan urusannya sendiri. Tak elok dilihat publik," ujarnya.

Sebelumnya, dalam surat tertanggal 1 Mei, Kemenpora meminta Roy Suryo mengembalikan barang milik negara. Surat bernomor 5-2-3/SET.BIII/V/2018 itu diteken Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto. Dalam surat, Kemenpora menjelaskan alasan permintaan agar Roy Suryo mengembalikan barang setelah tak menjabat Menpora.


Dari hasil pemeriksaan BPK di Kemenpora, diketahui adanya barang milik negara (BMN) milik Kemenpora yang dianggap belum dikembalikan sebanyak 3.226 unit.

Hingga saat ini belum ada keterangan dari Roy Suryo. detikcom sudah mencoba menghubungi lewat telepon dan pesan WhatsApp tapi tidak ada respons.

Namun Roy pernah merespons soal pengembalian barang ini saat isu tersebut berembus pada 2014 dan 2016.

"Nggak ada itu, itu isu. Buat apa itu saya bawa," kata Roy, yang tertawa terbahak mendengar isu miring itu saat dimintai konfirmasi, Kamis (30/10/2014).
(mae/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed