detikNews
Minggu 02 September 2018, 13:14 WIB

Kala Water Cannon Polisi Ikut Padamkan Kebakaran Hutan di Sumut

Andi Saputra - detikNews
Kala Water Cannon Polisi Ikut Padamkan Kebakaran Hutan di Sumut Water Cannon digunakan untuk memadamkan api kebakaran hutan (ist.)
Simalungung - Water cannon biasanya untuk menghalau massa pendemo. Tapi, kebakaran yang melanda hutan lindung Simpang Gorbus, Sumatera Utara (Sumut) memaksa aparat polisi inisiatif menurunkannya guna memadamkan kebakaran hutan.

"Api sudah jinak," kata Kapolres Simalungun, AKBP Liberty Panjaitan kepada detikcom, Minggu (2/9/2018).

Kala Water Cannon Polisi Ikut Padamkan Kebakaran Hutan di Sumut

Kebakaran itu dipicu musim kemarau yang terjadi hampir sebulan di wilayah Kab Simalungun. Hal itu mempengaruhi terjadinya kebakaran di beberapa titik, termasuk kebakaran hutan yang disebabkan keringnya dedaunan dan juga kurangnya kepedulian oknum-oknum yang tak bertanggung jawab untuk menjaga lingkungan.

"Kebakaran di hutan di Jalan Besar Simarjarunjung - Parapat Kelurahan Sipolha, Pamatang Sidamanik, Simalungun juga telah menjadi pekerjaan berat untuk petugas pemadam dan juga menjadi tanggung jawab bersama," ujar Liberty.

Untuk memadamkan, Polres Simalungun mengalihfungsikan water cannon dan dikerahkan membackup Damkar Dinas Kementerian Lingkungan hidup dan Kehutanan (KLHK). Yaitu untuk ikut memadamkan kebakaran hutan lindung yang terjadi di hutan lindung.

"Petugas secara bersama-sama melakukan pemadaman titik api di TKP. Bahwa sampai saat berita ini diterbitkan, titik api seluruhnya hampir berhasil dikuasai," ujarnya.

Di lokasi hanya tinggal beberapa titik saja yang diperkirakan tinggal lima titik. Untuk memadamkan, water cannon Polres Simalungun mengisi air ke wilayah Parapat, berhubung di sekitar TKP sangat sulit mendapatkan sumber air.

"Personil yang standby di lokasi juga masih bersiap-siap untuk melanjutkan pemadaman sumber api yang masih ada," kata Liberty.




Tonton juga 'Petugas Berjibaku Padamkan Api di Lahan Gambut Jambi':

[Gambas:Video 20detik]


(asp/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com