DetikNews
Jumat 31 Agustus 2018, 18:24 WIB

Laporan Dari Mekah

6 Ribu Jemaah Haji Gelombang 2 Diberangkatkan ke Madinah

Fajar Pratama - detikNews
6 Ribu Jemaah Haji Gelombang 2 Diberangkatkan ke Madinah Foto: Sebanyak 6.194 jemaah haji diberangkatkan dari Mekah ke Madinah. (Fajar-detikcom)
Jakarta - Jemaah haji gelombang dua mulai hari ini bergerak dari Mekah ke Madinah. Sebanyak 6.194 jemaah haji diberangkatkan dari ke kota nabi tersebut.

Pemberangkatan jamaah di sana dilepas oleh tim Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) yang dipimpin Kepala Daker Mekah Endang Jumali. Kloter MES 8 dari Sumatera Utara menjadi yang pertama bergerak ke Madinah.


Sebanyak 144 bus disiapkan untuk mengangkut ribuan jemaah itu. Kendaraan akan melintasi Jalan Raya Mekah-Madinah yang melewati Masjid Aisyah di Tan'im dan terus menuju Madinah.

"Jumlah jemaah yang diberangkatkan mencapai 6.194 orang," kata Kepala Bidang Transportasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Subhan Cholid di lokasi pemberangkatan kloter perdana di Rei Bakhsy, Mekah, Jumat (31/8/2018).

6 Ribu Jemaah Haji Gelombang 2 Diberangkatkan ke MadinahFoto: Sebanyak 6.194 jemaah haji diberangkatkan dari Mekah ke Madinah. (Fajar-detikcom)

Kadaker Mekah Endang Jumali mengatakan secara psikologis jemaah berada dalam kondisi yang lebih rileks. Itu terkait dengan telah dilaksanakannya prosesi puncak ibadah haji.

"Pergerakan jamaah ke Madinah lebih santai. Jemaah juga lebih tenang, karena mereka sudah melaksanakan inti ibadah di Tanah Suci, jadi beban mereka sudah tak ada," kata Endang.


Jemaah akan berada di Madinah selama delapan hari atau lebih. Durasi waktu tersebut dianggap cukup bagi jemaah yang ingin melakukan Arbain, salat 40 waktu di masjid Nabawi.


(fjp/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed