detikNews
Senin 27 Agustus 2018, 18:50 WIB

Agus Gumiwang Mundur dari DPR, Sekretaris F-Golkar Kini Adies Kadir

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Agus Gumiwang Mundur dari DPR, Sekretaris F-Golkar Kini Adies Kadir Foto: Agus Gumiwang. (Rengga Sancaya/detikcom).
Jakarta - Jadi Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita mundur dari DPR RI. Posisinya sebagai Sekretaris Fraksi Golkar kini digantikan Adies Kadir.

"Sudah ada Pak Adies Kadir (sebagai Sekretaris Fraksi Golkar DPR RI)," ujar Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto usai rapat pleno partai di DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Senin (27/8/2018).

Alasan Airlangga menunjuk Adies sebagai sekretaris Fraksi Golkar salah satunya karena ingin memunculkan anak muda dalam kepemimpinan. Agus Gumiwang dipilih jadi Mensos juga karena disebut mewakili anak muda.


Kemudian pengganti Antar Waktu (PAW) Agus Gumiwang adalah Agus Makmur. Agus Gumiwang mundur dari DPR karena masuk Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo.

"Terus juga pengganti (Agus Gumiwang) sebagai anggota DPR juga ada Agus Makmur. Jadi kita sudah isi semua," jelas Airlangga.

Agus Gumiwang Mundur dari DPR, Sekretaris F-Golkar Kini Adies KadirFoto: Adies Kadir. (Dok DPR RI).
Seperti diketahui, Agus Gumiwang menggantikan Idrus Marham sebagai mensos. Idrus yang merupakan kolega Airlangga di Golkar mundur dari mensos karena menjadi tersangka suap PLTU Riau-1.

Sementara itu, Adies Kadir mengatakan surat pergantian kepemimpinan di Fraksi Golkar dikirim hari ini ke DPR. Pergantian susunan itu akan dibawa ke rapat paripurna DPR besok, Selasa (28/8).

"Surat DDP besok dibacakan di paripurna. Jadi surat Insyaallah hari ini sudah sudah diluncurkan ke Sekretariat Fraksi ke DPR dan diumumkan di rapat paripurna bahwa ada perubahan susunan struktur Fraksi Partai Golkar," jelas Adies di lokasi yang sama.


Adies berharap dapat bekerja semaksimal mungkin di masa jabatan DPR yang kurang lebih tersisa 1 tahun. Ia berpesan agar kader Golkar tak melakukan tindakan ceroboh.

"Kita ingin Fraksi Golkar betul-betul fraksi yang solid dan bersih tentunya dapat memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara," ucap Adies.
(gbr/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com