DetikNews
Senin 27 Agustus 2018, 09:18 WIB

KLHK Segel Area Terbakar Milik 5 Perusahaan di Kalbar

Ahmad Bil Wahid - detikNews
KLHK Segel Area Terbakar Milik 5 Perusahaan di Kalbar Penyegelan lahan terbakar milih perusahaan di Kalbar (Foto: Dok. KLHK)
Jakarta - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyegel area lahan terbakar milik 5 perusahaan di Kubu Raya, Kalimantan Barat. Penyegelan itu dilakukan untuk mendukung proses penegakan hukum yang sedang berlangsung.

"Penyegelan lokasi yang terbakar ini untuk mendukung penegakan hukum karhutla secara tegas agar ada efek jera. Kami akan terus memantau lokasi-lokasi lainnya yang terbakar, termasuk dengan menggunakan teknologi satelit dan drone", kata Dirjen Gakkum KLHK Rasio Ridho Sani, dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/8/2018).


Lima perusahaan itu adalah PT SUM, PT PLD, PT AAN, PT APL, dan PT RJP. Penyegelan yang dipimpin langsung olah Rasio itu dilakukan sejak Minggu (26/8).

"Bu Menteri memonitor penanganan kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dan memerintahkan kami turun langsung ke lokasi. Pemerintah sangat serius menangani kasus kebakaran hutan dan lahan," ujarnya.

KLHK juga mengapresiasi langkah-langkah yang diambil Satgas Karhutla, TNI, Polda Kalbar, Pemda dan masyarakat dalam upaya mencegah dan menanggulangi karhutla di Kalbar. Hingga kini 26 orang ditangkap terkait kebakaran hutan dan lahan itu.


"Kami mengapresiasi Polda Kalbar yang dengan tegas menindak pelaku agar tidak ada lagi yang berani membakar," imbuhnya.

Sejak 2015 KLHK sudah memberikan sanksi administrasi pada lebih dari seratus korporat akibat karhutla, termasuk sanksi pencabutan izin. KLHK dan kepolisian juga telah mengajukan pidana terhadap puluhan kasus karhutla. KLHK juga telah mengajukan gugatan perdata terhadap 11 korporat yang bertanggung jawab atas karhutla, dengan gugatan ganti rugi mencapai triliunan rupiah.


Simak Juga 'KPK Bantu KLHK Kembalikan Aset Tanah 47 Ribu Hektar'

[Gambas:Video 20detik]


KLHK Segel Area Terbakar Milik 5 Perusahaan di Kalbar

(abw/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed