DetikNews
Rabu 22 Agustus 2018, 13:02 WIB

Pembakaran Lahan di Pontianak, BPPT Terus Turunkan Hujan Buatan

Rina Atriana - detikNews
Pembakaran Lahan di Pontianak, BPPT Terus Turunkan Hujan Buatan Proses pembuatan hujan buatan (Foto: Dok. BPPT)
Jakarta - Pembakaran hutan dan lahan di Pontianak, Kalimantan Barat, belum sepenuhnya bisa dipadamkan. Mengantisipasi area kebakaran terus meluas, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) terus menurunkan hujan buatan.

"Di Kalbar, yang dimulai tanggal 19 Agustus 2018 hingga saat ini, untuk meminimalisir kebakaran hutan dan lahan (karhutla)," kata Kabid Pelayanan Teknologi Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca BPPT Sutrisno dalam pesan singkat yang diterima detikcom, Rabu (22/8/2018).


Dalam melaksanakan hujan buatan ini BPPT bekerja sama dengan BNPB dan TNI. Pesawat yang digunakan adalah Cassa 212-200 milik TNI.

Pembakaran Lahan di Pontianak, BPPT Terus Turunkan Hujan BuatanFoto: Dok. BPPT
Sutrisno menyebut, kawasan Kalbar juga sempat diguyur hujan lebat pada 20 Agustus 2018 lalu.

"Alhamdulillah pada tanggal 20 Agustus, setelah dilakukan penyemaian awan, di Kalbar bagian timur terjadi hujan yang cukup deras, demikian juga pada tanggal 21 Agustus," tutur Sutrisno.

"Setelah dilakukan penyemaian, juga terjadi hujan di Pontianak yang cukup deras. Alhamdulillah, potensi awan 2 hari terakhir ini lumayan baik dan diperkirakan beberapa hari ke depan masih cukup baik," jelasnya.


Sebelumnya Kabut asap telah membuat pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar meliburkan seluruh sekolah di Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya.

"Gara-gara asap ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalbar saat ini meliburkan sekolah. Ini karena asap tebal masih terus mengepung," kata Komandan Lanud Supadio, Marsekal Pertama (Marsma), TNI Minggit Tribowo.
(rna/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed