DetikNews
Rabu 22 Agustus 2018, 02:38 WIB

Tim Relawan KIK Jokowi Siap Rebut Kantong Pemilih Terpelajar

Danu Damarjati - detikNews
Tim Relawan KIK Jokowi Siap Rebut Kantong Pemilih Terpelajar Maman Imanulhaq (Muhammad Ridho/detikcom)
Jakarta - Survei LSI Denny JA menunjukkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menang di kalangan pemilih golongan terpelajar. Tim relawan Koalisi Indonesia Kerja (KIK) akan berusaha membalikkan keadaan, merebut dominasi suara dari kantong kaum terpelajar untuk Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Hasil survei mengatakan Jokowi kurang bagus di segmen pemilih kaum terpelajar. Kita akan lakukan berbagai upaya untuk memperbaikinya. Masih cukup waktu untuk itu," kata Direktur Relawan Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Maman Imanulhaq, kepada detikcom, Rabu (22/8/2018).



Meski begitu, LSI Denny JA menunjukkan elektabilitas Jokowi-Ma'ruf secara umum masih mengungguli elektabiltias Prabowo-Sandiaga. Persentasinya 52,2% dibanding 29,5%. Responden yang tidak menjawab sebanyak 18,3%. Pihak Jokowi-Ma'ruf tak ingin cepat berpuas diri.

"Kita nggak boleh terlena dengan hasil survei itu. Hasil survei harus dijadikan pijakan untuk melakukan kerja keras, kerja cerdas dan kerja iklas untuk memenangkan Pilpres tahun depan," kata Maman



Menurutnya, survei hanya memotret kondisi saat ini, sementara Pilpes 2019 baru akan digelar delapan bulan kedepan. Elektabilitas kandidat presiden sangat fluktuatif, bisa naik atau turun, tergantung situasi, kondisi dan dinamika poilitik.

"Salah satu tugas para relawan yakni mempertahankan tingkat keterpilihan Jokowi yang sekarang berada di atas 50 persen," kata Wakil Sekretaris Jenderal PKB ini.



Prabowo-Sandiaga menang di kelompok pelajar. Survei juga menunjukkan suara Jokowi tergerus di kelompok milenial dan nonmuslim dengan hadirnya Ma'ruf sebagai cawapres.

Survei digelar pada 12-19 Agustus 2018 menggunakan metode multistage random sampling. Wawancara dilakukan secara tatap muka ke 1.200 responden, dengan dilengkapi focus group discussion dan wawancara mendalam.

Berikut hasil survei LSI dengan pemilih kaum terpelajar:

Jokowi-Ma'ruf: 40,4%
Prabowo-Sandi: 44,5%
Belum menentukan: 15,1%
(dnu/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed