DetikNews
Selasa 21 Agustus 2018, 16:22 WIB

Mantan Ajudan Wapres Jadi Kapolda Banten, Ini Komitmennya

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Mantan Ajudan Wapres Jadi Kapolda Banten, Ini Komitmennya Foto: Kapolda Banten Brigjen Teddy Minahasa Putra (Bahtiar-detik)
Serang - Brigjen Teddy Minahasa Putra resmi menjabat sebagai Kapolda Banten. Mantan ajudan Wapres Jusuf Kalla ini mengaku berkomitmen menjaga keamanan wilayah khususnya saat Asian Games 2018 dan Pilpres 2019.

Teddy sendiri menggantikan Brigjen Listyo Sigit Prabowo yang promosi menjadi Kadiv Provam Polri. Sebelumnya, Listyo juga merupakan mantan ajudan dari Presiden Jokowi.

Usai pisah sambut, Teddy mengatakan bahwa tantangan dan tugas ke depan jabatan Kapolda adalah menjamin keamanan Asian Games 2018 di Banten. Ada venue di wilayah Tangerang yang jadi tempat untuk perhelatan olah raga cabang pentathlon.



"Kita harus memberikan jaminan keamanan karena peserta ada dari 9 negara yang ikut bertanding," kata Teddy kepada wartawan di Mapolda Banten, Jl Syekh Nawawi Al Bantani, Kota Serang, Banten, Selasa (21/8/2018).

Selain Asian Games, tantangan selanjutnya menurut Teddy adalah pengamanan Pilpres 2019. Tugas ini penting khususnya bagaimana mengeliminasi berbagai potensi yang mengganggu keamanan.

Selain itu, agenda selanjutnya menurut Teddy adalah bagaimana mendeteksi dini gerakan terorisme dan cyber war. Dua hal ini, akan menjadi tanggung jawab kepolisian untuk mencegah adanya aksi-aksi berujung teror.



"Terorisme dan cyber war sudah menjadi ancaman global. Bukan hanya menjadi tanggung jawab Polda Banten saja. Agenda utama kita menjalankan tugas preventif," katanya.

Oleh sebab itu, Teddy mengatakan akan menjalin hubungan baik bersama ulama dan tokoh masyarakat di Banten. Termasuk untuk bersama-sama mencegah munculnya terorisme dan perang terhadap hoax.

Khusus untuk sektor keamanan laut, karena perairan laut Banten cukup luas, Teddy mengakatan akan ada pengembangan struktur di bidang ini. Salah satunya adalah untuk menanggulangi ancaman penyelundupan narkoba dan penyelundupan manusia.

"Kita usulkan pengembangan struktur di bidang kepolisian perairan. Ke arah sana nanti konsepnya," pungkasnya.


Saksikan juga video ' Kapolri Lantik 6 Kapolda dan Kadiv Propam Polri ':

[Gambas:Video 20detik]


(bri/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed