DetikNews
Selasa 21 Agustus 2018, 12:32 WIB

Timses Jokowi Disebut Ber-IQ 80, PSI Sindir IQ LHI

Tsarina Maharani - detikNews
Timses Jokowi Disebut Ber-IQ 80, PSI Sindir IQ LHI Ilustrasi Pileg 2019 (Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta - Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyebut timses Joko Widodo-Ma'ruf Amin ber-IQ 80 secara komunal. PSI menyatakan merasa terhormat atas tudingan tersebut.

"Merasa terhormat, karena yang mengatakan itu psikolog baru yang menemukan alat tes baru," kata Sekjen PSI Raja Juli Antoni kepada detikcom, Selasa (21/8/2018).

Toni menduga Mardani sebagai psikolog yang memiliki alat tes psikologi terbaru. Ia pun menyarankan Mardani melakukan tes IQ terhadap eks Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq (LHI), yang saat ini mendekam di Lapas Sukamiskin.

Toni yakin, dengan alat tes yang dimiliki Mardani, LHI dinyatakan ber-IQ tinggi se-Indonesia.



"Temuan baru kali ya? Coba minta Mardani tes IQ mantan Presiden PKS yang ditangkap KPK. Mungkin dengan alat tes IQ baru itu, LHI paling tinggi IQ-nya se-Indonesia," ujar Toni.

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyebut Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf aneh karena belum memiliki ketua. Karena aneh, Mardani lalu bicara inteligence quotient atau kecerdasan intelektual (IQ) dari pribadi masing-masing anggota TKN.



Mardani menyebut mereka yang tergabung dalam TKN Jokowi-Ma'ruf bisa saja memiliki IQ di atas 100. Namun, jika secara kelompok, Mardani sangsi IQ TKN Jokowi lebih dari 100.

"Padahal bisa jadi IQ personal 120 tapi IQ komunal (kumpulan) bisa cuma 80 karena semua sangat tergantung ketua, ketua, dan ketua," kritik Mardani.


Simak Juga 'Ini Formasi Timses Jokowi-Ma'ruf':

[Gambas:Video 20detik]


(tsa/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed