DetikNews
Selasa 21 Agustus 2018, 01:10 WIB

Jemaah MTA Pacitan akan Laksanakan Salat Idul Adha Pagi Ini

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Jemaah MTA Pacitan akan Laksanakan Salat Idul Adha Pagi Ini Ilustrasi (Ibnu Munsir/detikcom)
Pacitan - Majelis Tafsir Al-Quran (MTA) perwakilan Pacitan, Jawa Timur, akan melakukan salat Idul Adha pagi ini. Hal tersebut karena ada instruksi dari MTA pusat di Solo terkait kepastian pelaksanaan salat Idul Adha.

"(MTA) seluruh Indonesia sama. Jadi diinstruksikan untuk salat Id besok (Selasa, 21 Agustus 2018)," kata Ketua MTA Perwakilan Pacitan Imam Syafi'i saat dihubungi detikcom, Senin (20/8/2018).


Untuk penetapan Idul Adha, lanjut Syafi'i, MTA memang berbeda dengan kalender pemerintah. Pasalnya, dasar yang digunakan adalah ibadah wuquf di Arafah.

"Kalau Idul Fitri memang kita mengikuti pemerintah. Tapi kalau Idul Adha, sejak lama seperti ini. Jadi patokannya itu wuquf di Arafah sana. Ini sudah wuquf," papar pensiunan guru tersebut.

Salat Id rencananya dilaksanakan di halaman majelis di Jl Gatot Subroto, Gang IX, Baleharjo. Imam Syafi'i dijadwalkan bertindak menjadi khatib sekaligus memimpin salat.

Hingga pukul 22.00 WIB, panitia masih melakukan persiapan. Selain memastikan ketersediaan tempat untuk sekitar 700 orang, panitia menyiapkan penyembelihan hewan kurban.

"Anggota MTA seluruh Kabupaten Pacitan akan melaksanakan salat Id di sini (majelis). Kecuali Kecamatan Donorojo akan melaksanakan sendiri karena jaraknya jauh," terang dia.



Menurut Syafi'i, sejauh ini jumlah hewan kurban yang akan disembelih sebanyak 25 ekor sapi dan 40 ekor kambing. Penyembelihan akan dilakukan dua gelombang.

Penyembelihan gelombang pertama berupa 10 ekor lembu dan 10 ekor kambing akan dilakukan seusai salat Id. Sedangkan sisanya disembelih hari berikutnya. Untuk pemerataan, distribusi daging langsung diarahkan ke pelosok pedesaan.

"Masalahnya kalau di kota ini sudah penuh dengan daging. Setiap pintu pasti kemasukan daging. Dari musala-musala terdekat itu saja sudah turah (berlebih)," pungkas Syafi'i.


Tonton juga video: 'Jelang Idul Adha, Hati-hati Bahaya Kolesterol Mengincar!'

[Gambas:Video 20detik]


(ibh/ibh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed