DetikNews
Senin 20 Agustus 2018, 11:26 WIB

Eks Manajer Keuangan Abu Tours Dilimpahkan ke Jaksa

Ibnu Munsir - detikNews
Eks Manajer Keuangan Abu Tours Dilimpahkan ke Jaksa Foto: Kasubdit II Dirkrimum Polda Sulsel, Kompol Wirdanto Hadicaksono (Opik-detik)
FOKUS BERITA: Abu Tours Cuci Rp 1,2 T
Makassar - Satu persatu tersangka dan berkas penipuan travel umroh Abu Tours diserahkan kepolisian ke kejaksaan. Setelah pemilik Abu Tours, Hamzah Mamba, kini giliran mantan Manajer Keuangan Abu Tours, Muhammad Kasim (MK) diserahkan ke pihak jaksa.

Penyerahan ini dilakukan Polda Sulsel ke Kejari Kota Makassar, pukul 11.30 WITA, Senin (20/8/2018). MK dibawa langsung ke dalam ruang penyidik jaksa.

"Kita menyerahkan 1 tersangka beserta berkas dan barang bukti kasus Abu Tours dengan inisial MK," kata Kasubdit II Dirkrimum Polda Sulsel, Kompol Wirdanto Hadicaksono, di Kejari Kota Makassar.



Pada penyerahan berkas dan barang bukti itu, termasuk uang sebesar Rp 1,8 miliar dan sejumlah perhiasan tersangka. MK disebut ikut membantu mengelola dana para jemaah Abu Tours.

"Di mana yang bersangkutan mengelola keuangan yang masuk dan soal pendistribusian uang jemaah," ujarnya.



Polisi menjerat MK dengan pasal penipuan dan penggelapan dan tindak pidana pencucian uang.

"Ancaman maksimalnya 20 tahun penjara," ucapnya.

Sementara itu, dua tersangka lainnya yaitu istri Hamzah Mamba, Nursyariah dan Komisari Abu Tours, Haeruddin masih dalam pelengkapan berkas penyidikan.

"Ada beberapa keterangan yang harus dilengkapi oleh pihak tersangka. Hingga kini total aset yang disita Rp 250 miliar," kata Wirdanto.


Tonton juga video: 'Para Korban Abu Tours Unjuk Rasa di Kementerian Agama'

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/rvk)
FOKUS BERITA: Abu Tours Cuci Rp 1,2 T
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed