DetikNews
Sabtu 18 Agustus 2018, 13:17 WIB

TNI Prioritaskan Joni Pemanjat Tiang Bendera Bila Ingin Jadi Prajurit

Elza Astari Retaduari - detikNews
TNI Prioritaskan Joni Pemanjat Tiang Bendera Bila Ingin Jadi Prajurit Foto: Joni pemanjat tiang bendera. (Eva Safitri/detikcom).
Jakarta - Banyak penghargaan yang didapat Yohanis Gama Marschal (penulisan lain Johannes Adekalla), siswa SMP di NTT yang berani memanjat tiang bendera ketika talinya putus saat upacara kemerdekaan HUT RI ke-73. Penghargaan tambahan akan diberikan dari TNI.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memberikan apresiasi atas keberanian Yohanis atau yang akrab dipanggil Joni. Atas aksi heroiknya, Joni akan mendapat beasiswa hingga menjadi prioritas bila nantinya berniat masuk TNI.

"Atas aksi heroiknya, Panglima TNI mengapresiasi dengan memberikan penghargaan kepada Johannes Adekalla berupa beasiswa hingga lulus SMA. Setelah lulus SMA akan mendapat prioritas apabila ingin menjadi prajurit TNI," ujar Kapuspen TNI Mayjen Sabrar Fadhilah kepada wartawan, Sabtu (18/8/2018).


Tak hanya itu, Panglima TNI juga mengundang Joni datang dalam pembukaan Asian Games 2018 malam nanti. Sebenarnya, bukan hanya Panglima TNI saja yang memberikan tawaran itu. Saat ini Joni sudah berada di Jakarta atas undangan Menpora Imam Nahrawi.

Bocah Joni menjadi viral setelah aksi heroiknya terekam kamera dan menyebar dengan cepat. Dalam video, tampak Joni memanjat tiang bendera dengan cekatan untuk mengambil pengkait bendera yang terlepas saat hendak pengibaran bendera. Sementara saat itu peserta upacara tetap tertib mengikuti upacara.

Peristiwa ini terjadi Kabupaten Belu, sekitar 14 km dari Atambua, dalam upacara peringatan HUT ke-73 RI, Jumat (17/8). Ia merupakan siswa SMPN Silawan, kecamatan Tasifeto, Belu, yang berbatasan langsung dengan Timor Leste.


Atas keberanian Joni memanjat tiang bendera setinggi 23 meter, ia mendapat banyak apresiasi. Mulai dari undangan menonton Asian Games hingga beasiswa hingga S1.

Joni juga mendapat penghargaan dari Kementerian Pertahanan. Terakhir ia dijanjikan mendapat Rp 25 juta dari pengacara kondang Hotman Paris Hutapea.

"Kepada Yohanis pemuda NTT, nanti gua kasih uang jajan ya, gua kasih uang jajan Rp 25 juta, tolong kasih tahu rekening orang tua kamu untuk beli permen. Remaja NTT yang patut dikagumi," tulis Hotman dalam akun Instagramnya.


Hotman Paris Siap Beri Yohanis 'Pemanjat Tiang' Rp 25 Juta, Simak Videonya:


(elz/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed