DetikNews
Sabtu 18 Agustus 2018, 05:36 WIB

Jakarta Siap Sambut Asian Games 2018!

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Jakarta Siap Sambut Asian Games 2018! Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Gelaran olahraga terbesar se-Asia akan berlangsung di Indonesia. DKI Jakarta siap menyambut Asian Games 2018.

Pembukaan Asian Games 2018 akan berlangsung nanti malam, Sabtu (18/8/2018). Pembukaan Asian Games akan berlangsung di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

"Dari tanggung jawab kami venue sudah siap. Kalau penyelenggaraan semuanya INASGOC. Jadi mudah-mudahan lancar, saya ikut doakan," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kepada wartawan di lingkungan kediamannya, Jl Lebak Bulus II Dalam, Jakarta Selatan, Jumat (17/8).


Venue

Tak semua venue Asian Games ada di Jakarta. Sebagian ada di Palembang dan daerah sekitar Jakarta.

Untuk yang berada di Jakarta salah satunya adalah kawasan Gelora Bung Karno. Ada sekitar 15 venue Asian Games di GBK.

Renovasi venue di kompleks GBK sudah rampung yang menelan anggaran sekitar Rp 770 miliar. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut renovasi venue di GBK selesai dalam waktu 16 bulan.

Selain GBK, ada pula venue Velodrome untuk balap sepeda. Gubernur Anies sudah menjajal lintasan sepeda di Velodrome.

"Saya berharap tempat ini memberikan kesempatan yang setara kepada siapapun yang punya potensi," kata Anies saat meresmikan venue bernama Jakarta International Velodrome di Jalan Balap Sepeda, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (15/8).


Venue Equestrian untuk balap kuda di Pulomas pun sudah diresmikan. Venue Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP) itu bisa menampung 990 penonton.

JIEPP mempunyai lahan seluas 35,25 hektare, JIEPP memiliki 5 arena, yaitu Field of Play sebagai arena utama, Training Arena, Warm Up Arena, Collecting Arena, Covered Training Arena, Cross Country dan fasilitas penunjang laninnya. Terdapat pula 156 kandang kuda di area ini.

Selain itu ada pula Padepokan Pencak Silat di Jakarta Timur. Tapi agaknya venue ini tak memerlukan perombakan besar.

Wisma Atlet

Wisma Atlet Asian Games di Jakarta disediakan di Athlete Village, Kemayoran. Wapres Jusuf Kalla sudah meninjau lokasi tersebut dengan didampingi Anies pada Jumat (3/8) lalu.

Presiden Jokowi juga sudah melihat langsung wisma atlet tersebut. Dia didampingi Anies saat meninjau pada Februari 2018.

"Lebih dari cukup. Artinya sepanjang apapun itu cukup. Tidak ada masalah," kata Jokowi waktu itu.


Pelayanan Kesehatan

TNI-Polri membentuk satgas kesehatan untuk Asian Games 2018. Puluhan ambulans hingga ratusan personel disiagakan.

Satgas tersebut terdiri dari 80 mobil ambulans, 4 helikopter, dan lebih dari 320 personel.

Transportasi

Waktu tempuh dari wisma atlet menuju venue memang masih dianggap belum memenuhi target. Waktu tempuh bahkan bisa lebih dari 34 menit.

"Lokasi yang perlu dijangkau oleh transportasi kita dari 8 (venue) ini ada 3 yang memang tidak bisa memenuhi target 34 menit," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam jumpa pers di GBK, Senayan, Jakarta, Jumat (29/6).

Waktu tempuh di atas 30 menit menurut Anies terjadi karena jarak yang cukup jauh dan arus lalu lintas yang padat.

"Karena dari Wisma Atlet ke lapangan golf (Pondok Indah) itu jaraknya 41,5 km. Kemudian ke Cibubur jaraknya 39 kilometer dan ke Padepokan Silat (TMII) jaraknya ke 29 kilometer," kata Anies.

Mobil pribadi dilarang masuk area GBK. Namun Pemprov DKI menyiapkan 1.750 armada bus TransJakarta untuk menyukseskan Asian Games. Selain itu, TransJakarta juga gratis setiap Sabtu, Minggu dan tanggal merah selama Asian Games berlangsung.

Pengamanan

Polri menyiapkan 8.000 personel untuk mengamankan opening ceremony Asian Games pada Sabtu, 18 Agustus. Penjagaan di venue pun akan diperketat.

"Upacara pembukaan yang nanti hari Sabtu, tanggal 18 (Agustus) untuk melibatkan personelnya hampir 8.000 personel TNI-Polri dan segenap unsur yang lain. Kemudian kita juga punya kekuatan cadangan kalau terjadi kontingensi," kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (15/8).
(bag/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed