DetikNews
Jumat 17 Agustus 2018, 09:40 WIB

Berpakaian Adat Aceh, Jokowi Ajak Jan Ethes Lihat Persiapan Upacara

Ray Jordan - detikNews
Berpakaian Adat Aceh, Jokowi Ajak Jan Ethes Lihat Persiapan Upacara Presiden Joko Widodo dan Jan Ethes sebelum mengikuti upacara peringatan HUT RI ke-73 (Foto: Andhika Prasetya/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat keluar sebentar dari Istana Merdeka sebelum pelaksanaan upacara Peringatan HUT ke-73 RI. Jokowi mengajak cucunya, Jan Ethes yang mengenakan beskap khas pakaian adat Betawi.

Pantauan detikcom, pukul 09.00 WIB, Jumat (17/8/2018) Jokowi keluar dari pintu depan Istana Merdeka mengarah ke sisi barat. Dia tampak mengenakan pakaian adat khas Aceh. Jokowi tampak menggandeng Jan Ethes berjalanan keluar pintu, kemudian menuruni anak tangga dan melihat-lihat sekitar.

Jan Ethes tampak mengenakan beskap berwarna hitam, dan kain yang menutupi pinggang hingga pahanya. Jan Ethes juga sempat menyapa wartawan dan melambaikan tangannya.


Saat ditanya, Jokowi sengaja mengenakan pakaian adat khas Aceh dalam peringatan HUT ke-73 ini.

"Ya, negara kita ini kan adat dan tradisinya banyak sekali. Pakaian adat juga banyak ratusan, mungkin ribuan, banyak pilihan. Ini saya pakai khas Aceh," kata Jokowi.

Dia menambahkan, pakaian itu memang sengaja dipesan khusus dan dijahit sesuai ukurannya. "Ini dijahit, jahit sendiri," katanya.

Usai bincang singkat dengan wartawan, Jokowi sempat bercanda dengan Jan Ethes. Dia mengatakan kepada wartawan bahwa Jan Ethes mirip dirinya.


"Kayak saya kan?" kata Jokowi tersenyum.

"Ini siapa?" tambah Jokowi ke Jan Ethes sambil menunjuk dirinya.

"Mbah Wi," jawab Jan Ethes.



Tonton juga video: 'Bikin Gemas! Jokowi Ditemani Sang Cucu, Jan Ethes di Istana'

[Gambas:Video 20detik]


(rjo/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed