DetikNews
Jumat 17 Agustus 2018, 09:11 WIB

HUT ke-73 RI, Jokowi Ingatkan Semangat Persatuan

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
HUT ke-73 RI, Jokowi Ingatkan Semangat Persatuan Foto: Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR 2018. (Agus Suparto/Fotografer Kepresidenan).
FOKUS BERITA: HUT RI Ke-73
Jakarta - Hari ini, Republik Indonesia memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-73. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan perayaan hari kemerdekaan RI ini sebagai momen untuk mengingat kembali semangat persatuan Indonesia.

"Kita merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia hari ini, seraya mengingat kembali semangat persatuan Indonesia yang telah dibuktikan oleh para pendiri, perintis, dan pejuang bangsa," tulis Jokowi lewat akun Facebook-nya, Jumat (17/8/2018).


Momen untuk mengingat semangat persatuan para pendiri dan pejuang bangsa. Kala itu, kata Jokowi, para pendiri dan pejuang bangsa menyingkirkan segala perbedaan pandangan politik dan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) demi mewujudkan Indonesia merdeka.

"Dalam persatuan itulah, mereka menemukan energi yang dahsyat untuk menggerakkan seluruh tenaga, pikiran, dan keringat untuk Indonesia merdeka. Dalam persatuan Indonesia itulah, para pejuang kemerdekaan menemukan solidaritas, kepedulian, dan juga semangat berbagi antarsesama anak bangsa," tutur Jokowi.

Jokowi berpesan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk mencontoh semangat persatuan para pendiri bangsa dan pejuang kemerdekaan tersebut. Rakyat Indonesia harus tetap bersatu meski memiliki perbedaan.

"Jika bangsa Indonesia tetap bersatu, berbagi, dan peduli pada sesama anak bangsa, maka Indonesia bukan lagi hanya sekadar nama, atau gambar sederetan pulau di peta dunia, melainkan Indonesia maju, yang menjadi sebuah kekuatan yang disegani oleh bangsa-bangsa lain di dunia," pungkasnya.

Tonton video Semangat #17an Menggelora di Twitter:

[Gambas:Video 20detik]
(mae/ams)
FOKUS BERITA: HUT RI Ke-73
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed