DetikNews
Jumat 17 Agustus 2018, 02:45 WIB

Laporan Dari Mekah

Bukan Lagi AC, Tenda di Arafah Kini Andalkan Mist Fan

Fajar Pratama - detikNews
Bukan Lagi AC, Tenda di Arafah Kini Andalkan Mist Fan Foto: Mist Fan yang kini jadi andalan baru tenda di Arafah (Fajar/detikcom)
Mekah - Untuk kali kedua, tenda-tenda semi permanen di Arafah akan digunakan jemaah haji untuk melakukan wukuf dan juga bermalam. Berbeda dari tahun 2017, tenda-tenda ini kini akan mengandalkan mist fan.

Tahun 2017 lalu merupakan tahun perdana kerajaan Arab Saudi menggunakan tenda-tenda semi permanen dengan tiang yang kokoh untuk jemaah haji di Arafah.


Sebelum tahun 2017, tenda-tenda di Arafah menggunakan tenda 'ala kadarnya'. Tiangnya dari kayu dan kurang kokoh dibanding tenda semi permanen.

Ternyata ada pelajaran yang dipetik dari penggunaan tenda semi permanen tahun lalu. Jadi pada tahun 2017, penggunaan AC di dalam tenda menjadi tidak maksimal karena ditopang listrik yang terbatas.

"Jadi tenda seperti ini merupakan pengalaman kedua yang digunakan pertama kali kita menggunakan tenda seperti ini pada tahun 2017. Kemarin kita merasakan AC yang ada itu kurang bisa menyejukkan udara kepada jemaah kita apalagi kemudian bidang-bidang yang ada di tenda ini permanen," ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin usai melakukan kunjungan di Arafah, Kamis (16/8/2018).

Bukan Lagi AC, Tenda di Arafah Kini Andalkan Mist FanFoto: Mist Fan yang kini jadi andalan baru tenda di Arafah (Fajar/detikcom)


Tahun ini dilakukan strategi baru dengan mengoptimalkan mist fan atau kipas dengan semburan air tipis yang memunculkan hasil seperti embun. Selain itu, 'dinding-dinding' di sisi tenda beberapa di antaranya akan dibuka untuk membuat perputaran udara tidak terhalang.

"Tahun ini kita ubah karena AC Itu memerlukan daya listrik yang besar sementara di sini tidak ada listrik yang ada menggunakan genset. Karena keterbatasan listrik kita siasati dengan memperbanyak mist fan yakni kipas angin dengan air, yang kemudian kita perbanyak dan tenda-tenda itu akan kita buka sehingga sirkulasi udara itu menjadi lebih baik," ujar Lukman yang juga merupakan amirul hajj Indonesia ini.
(fjp/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed