DetikNews
Kamis 16 Agustus 2018, 00:44 WIB

Polri Siapkan CCTV hingga Command Center Amankan Asian Games

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Polri Siapkan CCTV hingga Command Center Amankan Asian Games Kapolri Jenderal Tito Karnavian (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -
Polri menyatakan kesiapannya dalam mengamankan Asian Games. Selain menyiapkan personel untuk pengamanan, Polri menyiapkan command center untuk memantau perkembangan situasi di lapangan.
"Kita juga memiliki satgas gabungan monitoring di command center gabungan dari Polri yang ada di Polda Metro Jaya, TNI, pemda, serta pihak-pihak terkait pemadam kebakaran dan semua ada di dalam one room," kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Pusat pengendali tersebut berada di Senayan dan di Polda Metro Jaya. Dengan adanya pusat pengendali, setiap personel akan lebih mudah diawasi.
Tito menyatakan pihaknya telah menyiapkan rencana pengamanan yang cukup matang dalam situasi urgen.
"Kita cukup siap termasuk kalau ada kontingensi. Kita juga siap plan A, plan B, dan seterusnya," imbuh Tito.
Di venue-venue juga sudah terpasang ratusan kamera pengawas
Tito mengatakan bakal ada ratusan CCTV yang akan dipasang di sejumlah venue dan lokasi lain.
"Kita menggunakan CCTV untuk GBK sendiri hampir 600 CCTV dan untuk meng-cover venue-venue yang lain yang ada di Polda Metro serta yang ada di masyarakat terlebih dari hampir 400 CCTV," ujar Tito.
Polri mengerahkan hampir 8.000 personel gabungan untuk mengamankan pembukaan Asian Games pada Sabtu (18/8). Pasukan cadangan turut disiagakan.
"Intinya bahwa kita melakukan rapat dalam rangka mengecek tentang kesiapan upacara pembukaan yang nanti hari Sabtu, tanggal 18 untuk melibatkan personelnya hampir 8.000 personel TNI-Polri dan segenap unsur yang lain. Kemudian kita juga punya kekuatan cadangan kalau terjadi kontingensi," kata Tito.

Tito berharap masyarakat ikut menjaga ketertiban dan keamanan untuk menyukseskan event internasional ini. Asian Games menjadi pertaruhan Indonesia di mata dunia.
"Jadi mudah-mudahan, insyaallah, kita mohon dukungan semua pihak seluruh bangsa Indonesia untuk mengangkat citra bangsa Indonesia, bukan pemerintah atau pihak tertentu. Karena kita semua saling mendukung berkontribusi dan sekaligus berdoa semua berjalan dengan baik dan bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang maju dan aman dan mampu pesta besar sekelas Asian Games," tuturnya.



(mei/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed