DetikNews
Senin 13 Agustus 2018, 09:00 WIB

Beragam Jawaban Sandiaga soal Tudingan Rp 500 M buat PAN-PKS

Andhika Prasetia - detikNews
Beragam Jawaban Sandiaga soal Tudingan Rp 500 M buat PAN-PKS Sandiaga Uno (Dikhy Sasra/detikcom)
Jakarta - Sandiaga Uno dituding memberikan mahar masing-masing Rp 500 miliar ke PAN dan PKS untuk menjadi cawapres Prabowo Subianto. Dituding demikian, Sandiaga angkat bicara.

Tudingan tersebut disampaikan Wasekjen Partai Demokrat (PD) Andi Arief, yang sempat jengkel kepada Prabowo karena memilih Sandiaga sebagai cawapresnya. Andi pun mengaku informasi tersebut disampaikan tim kecil Gerindra, yang terdiri dari Fadli Zon, Fuad Bawazier, hingga Sufmi Dasco Ahmad.


Saat pertama kali ditanya, Sandi hanya mengelus dada tanpa memberikan jawaban tegas. Pernyataan itu disampaikan Sandi sekitar 12 jam sebelum deklarasi maju Pilpres 2019.


"(Mengelus dada) Thank you, thank you, thank you banget," kata Sandi singkat saat dimintai konfirmasi soal mahar di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (9/8).

Dinamika antar-politikus di lingkup internal koalisi (Gerindra, PAN, PKS, dan PD) terjadi setelah pernyataan Andi disampaikan. Didesak minta maaf oleh PAN, Andi menolak permintaan itu.

Sandiaga mengatakan isu tersebut sudah lewat dan tidak menyatakan kicauan Andi memperkeruh suasana koalisi. Menurutnya, hal itu bagian dari dinamika.

"Ya kita sudah lewat sekarang dari prosesi itu, mari kita bangun satu komunikasi yang lebih baik ke depan dan apa yang jadi concern Pak Arief itu jadi concern nasional dan saya akan bicarakan dengan KPK bahwa ke depan harus ada kejelasan sumbernya, bagaimana membiayai kampanye nasional," ujar Sandiaga di kediaman Soetrisno Bachir, Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (11/8).


Kali ini, Sandiaga menjawab dengan jelas soal tudingan tersebut yang menurutnya tidak benar. Tetapi Sandiaga mengatakan dirinya bersedia memberikan uangnya untuk kampanye.

"Tidak benar mahar karena semuanya harus sesuai undang-undang. Sekarang itu kita kan harus pastikan tidak boleh ada lagi 'hengki pengki' dalam politik masyarakat," kata Sandiaga kepada wartawan di Pantai Ancol, Jakarta Utara, Minggu (12/8).


"Saya bersedia untuk menyediakan sebagian dari biaya kampanye dan ada bantuan kepada tim pemenangan dan juga bantuan kepada partai pengusung itu yang menjadi komitmen kita," sambungnya.

Tonton juga video: 'Soal Mahar Rp 500 M, Sandi: Itu Sudah Lewat'

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/fdu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed