detikNews
Sabtu 11 Agustus 2018, 08:59 WIB

KLHK Pasang Plasma Nano Bubble untuk Hilangkan Bau Kali Item

Yuni Ayu Amida - detikNews
KLHK Pasang Plasma Nano Bubble untuk Hilangkan Bau Kali Item Plasma Nano Bubble dipasang di Kali Item dekat Wisma Atlet Kemayoran. (Yuni Ayu Amida/detikcom)
Jakarta - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bekerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menghilangkan bau Kali Item dekat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat. KLHK meminjam alat LIPI yang bernama Plasma Nano Bubble untuk dipasang di Kali Item.

Pemasangan Plasma Nano Bubble dilakukan di aliran Kali Item yang berada di depan pintu masuk Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (11/8/2018).


Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK MR Karliansyah dan Kepala Balai Pengembangan Instrumentasi LIPI Anto Tri Sugiarto hadir dalam acara tersebut.

"Saat ini baru dipasang enam unit (Plasma Nano Bubble). (Untuk menghilangkan bau Kali Item) dibutuhkan perkiraan 20 unit," kata Karliansyah.

Dalam kesempatan yang sama, Anto Tri Sugiarto menjelaskan Plasma Nano Bubble merupakan alat yang mengubah oksigen dari udara menjadi ozon. Oksigen yang sudah berubah menjadi ozon itu lalu dimasukkan ke air Kali Item dalam bentuk nano bubble.

[Gambas:Video 20detik]



"Jadi, dari udara kita ambil oksigen. Oksigen diubah dengan plasma jadi ozon. Ozon kita injeksikan ke dalam air dalam bentuk nano bubble," terang Tri.

KLHK sebelumnya memasang dua unit Plasma Nano Bubble di berbagai titik di Kali Item sekitar 2 minggu lalu. Hari ini KLHK menambah empat unit lagi, sehingga jumlah yang sudah dipasang menjadi enam unit.
(zak/aan)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com