DetikNews
Sabtu 11 Agustus 2018, 03:18 WIB

Laporan Dari Mekah

Berdesakan di Masjidil Haram, Engsel Tulang Jemaah Haji Bergeser

Fajar Pratama - detikNews
Berdesakan di Masjidil Haram, Engsel Tulang Jemaah Haji Bergeser Juariah ditolong oleh dokter dari tim P3JH Kemenag. (Foto: dok. istimewa)
Mekah - Masjidil Haram semakin padat oleh jemaah haji. Engsel tulang Juariah (70), jemaah haji dari Indonesia, sampai bergeser akibat berdesak-desakan. Jemaah tersebut langsung ditangani oleh petugas haji.

Peristiwa itu terjadi di Masjidil Haram, Mekah, Jumat (10/8/2018). Juariah, yang terpisah dari rombongannya, berdesakan dengan jemaah negara lain, kemudian terpental.

"Mengalami geser engsel tulang lengan atas kiri karena bertabrakan dengan jemaah lain sampai terpental dan jatuh," ujar petugas tim Pertolongan Pertama Pada Jemaah Haji (P3JH) Kemenag Arriz Akbar di Mekah.

Arriz, yang merupakan seorang dokter, memeriksa langsung kondisi Juariah di lokasi kejadian di dekat Pintu King Fahd. Karena kondisi lengan Juariah itu, Arriz kemudian membuat pertolongan pertama berupa gantungan kain untuk mengurangi tekanan pada bahu.


[Gambas:Video 20detik]


"Dan segera dievakuasi menggunakan kursi roda ke tim TGC (Tim Gerak Cepat) untuk dilakukan penanganan lebih lanjut," ujar Arriz.

Juariah diketahui berasal dari kloter BTJ4. Dari insiden yang dialami Juariah ini, Arriz meminta agar jemaah lansia senantiasa dijaga oleh petugas regu atau petugas kloter.

"Sebab, kelompok usia lansia sangat rentan, baik dari sisi tenaga maupun fisiknya," kata Arriz.
(fjp/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed