DetikNews
Jumat 10 Agustus 2018, 16:37 WIB

JK Tak Tahu soal Dinamika Pemilihan Cawapres Jokowi

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
JK Tak Tahu soal Dinamika Pemilihan Cawapres Jokowi Wapres JK (Noval/detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengaku tidak tahu soal penunjukan Ma'ruf Amin sebagai cawapres Jokowi. JK pun tidak tahu soal nama Mahfud Md yang sempat menguat jadi cawapres Jokowi tapi tidak dipilih.

"Saya sendiri tidak tahu persoalan Mahfud Md dengan Kiai Ma'ruf Amin," ujar JK di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (10/8/2018).

JK juga mengaku tidak bertemu dan berhubungan dengan Mahfud saat nama Mahfud menguat menjadi cawapres Jokowi.



"Saya tidak ada kontak sejak kemarin dengan Pak Mahfud Md. Pak Mahfud Md tidak menghubungi dan saya tidak menghubungi Pak Mahfud Md soal itu," katanya.

JK mengatakan hal yang wajar jika penentuan cawapres baru ditentukan di menit-menit akhir. JK menyebut politik sangat dinamis.

"Sama saja dengan Pilkada DKI, kan saat terakhir, menit terakhir baru masuk Anies. Sama, banyak kejadian-kejadian seperti itu yang kita hadapi," ucapnya.



JK menyebut Jokowi tidak sendiri dalam memutuskan cawapresnya. Ada pimpinan partai politik yang dilibatkannya sehingga memilih Ma'ruf Amin.

"Setidaknya enam atau sembilan pimpinan partai. Nah pada saat terakhir tentu susah dicapai konsensus di antara semuanya, maka berubahlah tiba-tiba pilihan itu. Itu saya kira yang terjadi, jadi susah dicapai konsensus antara semua partai, akhirnya jalan tengah," tuturnya.



Tonton juga video: 'Membandingkan Gaya Jokowi dan Prabowo saat Daftar Pilpres'

[Gambas:Video 20detik]


(nvl/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed