DetikNews
Jumat 10 Agustus 2018, 06:01 WIB

Tak Ada 'Kado' Tiket Pilpres di Hari Ultah ke-40 AHY

Haris Fadhil - detikNews
Tak Ada Kado Tiket Pilpres di Hari Ultah ke-40 AHY Agus Harimurti Yudhoyono (Foto: dok. Partai Demokrat)
Jakarta - Ketua Kogasma Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berulang tahun hari ini. Tapi, tak ada 'kado' tiket Pilpres bagi AHY di ulang tahun ke-40 kali ini.

AHY sempat menyinggung soal ulang tahunnya saat menyampaikan orasi 'Muda Adalah Kekuatan' beberapa waktu lalu. Saat itu, dia mengaku merasa terhormat disebut sebagai anak muda, meski merasa dirinya tak terlalu muda lagi.

"Saya minggu depan 10 Agustus berulang tahun, tentu merasa senang, terhormat kalau dibilang anak muda, walaupun muka tidak terlalu muda lagi," ujar AHY, Jumat (3/8) lalu.


Sehari jelang ulang tahunnya, Partai Demokrat masih rapat untuk membahas posisi cawapres Prabowo Subianto. AHY sendiri mengikuti rapat darurat yang dipimpin Ketum Demokrat, yang juga ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), sejak siang tadi. Nama AHY memang disebut-sebut menjadi salah satu kandidat cawapres untuk Prabowo.

Kue ulang tahun untuk AHY tiba sekitar pukul 21.07 WIB di Kediaman SBY, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (9/8/2018). Hal itu diketahui saat seorang pengantar paket mengantarkan kotak cukup besar bertuliskan 'The Harvest' yang merupakan nama salah satu toko kue.

Menjelang tengah malam, akhirnya Prabowo mendeklarasikan dirinya sebagai capres dan Sandiaga Uno sebagai cawapres. AHY pun batal mendampingi Prabowo di Pilpres 2019.

"Gerindra, PKS, dan PAN telah memberi kepercayaan kepada saya dan Saudara Sandiaga Uno untuk maju sebagai calon presiden dan calon wakil presiden Republik Indonesia," ujar Prabowo di kediamannya, Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jaksel.


Atas keputusan Prabowo ini, Demokrat belum mengambil sikap. Partai yang dipimpin SBY ini akan menggelar sidang Majelis Tinggi untuk menentukan arah koalisi.

"Besok pagi 10 Agustus 2018 sebelum pukul 09.00 WIB Majelis Tinggi Partai Demokrat akan bersidang menetapkan ke mana Demokrat berkoalisi. Pada pukul 09.00 WIB pimpinan partai Demokrat akan bergabung dengan partai koalisi lainnya mendaftarkan capres dan cawapres di KPU," kata Wasekjen PD Andi Arief lewat cuitan di akun Twitter-nya, Jumat (10/8/2018).


Saksikan juga video 'Disebut Terlalu Muda untuk Berpolitik, AHY: So, What?':

[Gambas:Video 20detik]


(haf/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed