DetikNews
Kamis 09 Agustus 2018, 15:53 WIB

Gedung Nyaris Roboh, Siswa di Tambora NTB Belajar di Halaman

Faruk - detikNews
Gedung Nyaris Roboh, Siswa di Tambora NTB Belajar di Halaman Foto: Siswa belajar di luar sekolah (Faruk-detik)
Bima - Potret pendidikan di kaki Gunung Tambora, NTB, cukup mengiris hati. Bagaimana tidak, fasilitas di sini sangat minim, seperti gedung sekolah yang jauh dari kata layak, ketersedian sarana dan prasaran yang tidak cukup sempurna serta minimnya tenaga guru. Meski begitu, semangat para siswa untuk belajar tak bisa dipatahkan.

Gunung Tambora berdiri tepat di antara dua wilayah yang berbeda, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu. Demi meraih cita-cita, adik-adik siswa di Sekolah Dasar Desa Oi Bura, Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat (NTB), rela belajar di luar ruangan kelas.



Keadaan ini memaksa mereka karena kondisi bangunan yang retak-terak, atap bocor bahkan ada yang sudah roboh. Bangunan sekolah mereka diperparah oleh goncangan gempa Bumi yang terjadi Minggu (5/8/2018) lalu.

Tidak hanya itu, kerusakan gedung sekolah juga disebabkan oleh goncangan gempa bumi yang terjadi pada tahun 2016 lalu. Sejak saat itu, bangunan mereka tidak pernah diperbaiki oleh pemerintah daerah setempat.

"Sudah empat hari kami belajar di luar ruangan kelas. Kami tidak berani belajar di dalam kelas, apalagi ini sering terjadi gempa susulan," ungkap salah seorang guru, Sugeng Purnomo., pada detikcom Rabu (9/8/2018).



Para siswa sangat antusias mengikuti Proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di luar ruangan kelas ini. Namun waktu belajar tidak sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Hal itu mengingat kondisi luar ruangan yang disinari oleh matahari.


Simak Juga 'Relawan Dengar Rintihan Minta Tolong di Balik Reruntuhan Masjid':

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed