DetikNews
Senin 06 Agustus 2018, 18:12 WIB

Ini Alasan PP Muhammadiyah Usulkan 6 Poin Nawacita II ke Jokowi

Andhika Prasetia - detikNews
Ini Alasan PP Muhammadiyah Usulkan 6 Poin Nawacita II ke Jokowi Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - PP Muhammadiyah mengusulkan enam poin Nawacita jilid II kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) jika terpilih untuk kedua kalinya. Apa alasan PP Muhammadiyah?

"(Kami) menyampaikan enam poin yang disampaikan kepada Bapak Presiden. Ketika banyak orang berbicara tentang orang, kami ingin bicara tentang masa depan, tentang substansi," ujar Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (6/8/2018).


Nawacita jilid II memang tengah dirumuskan oleh koalisi dan tim ahli Jokowi pada Pilpres 2019. PP Muhammadiyah memberikan masukan itu karena tidak ingin terpaku berbicara tentang cawapres.

"Tentu bagi Pak Jokowi, yang akan maju pada periode kedua ini, bakal ada Nawacita II. Muhammadiyah kan lebih baik dari hulu, jadi kami beri masukan-masukan agar proses politik ke depan tidak hanya bicara wapres, wapres, wapres, tetapi juga berbicara tentang kebijakan strategis," papar Haedar.


PP Muhammadiyah menjamin pihaknya juga bakal memberikan masukan-masukan gagasan kepada capres lainnya. "Nanti kalau kami bertemu yang lain, kami juga beri masukan," kata Haedar.

Usulan enam poin Nawacita jilid II juga disampaikan PP Muhammadiyah dalam acara tertutup dengan Jokowi hari ini. Haedar mengungkapkan Jokowi merespons positif usulan itu.

"Beliau menggarisbawahi, bahkan dalam sambutannya, bahwa agama menjadi hal yang sangat penting agar kita jadi bangsa beradab. Pancasila juga jadi dasar dan seterusnya," tutupnya.


(dkp/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed