detikNews
Senin 06 Agustus 2018, 11:32 WIB

Jokowi Rahasiakan Tanggal Pendaftaran Capres: Hanya Saya yang Tahu

Andhika Prasetia - detikNews
Jokowi Rahasiakan Tanggal Pendaftaran Capres: Hanya Saya yang Tahu Presiden Jokowi (Andhika Prasetya/detikcom)
FOKUS BERITA: Masa Kampanye Damai
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum juga mendaftarkan diri sebagai capres 2019 di hari ketiga pendaftaran. Dia masih merahasiakan tanggal pendaftaran.

"Kan sudah saya sampaikan bahwa pendaftaran sudah dibuka tanggal 4 sampai 10. Artinya tinggal daftar, daftarnya kapan? Ya yang sabar nunggu," kata Jokowi di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Senin (6/8/2018).


"Kan sudah dibuka, tinggal daftar, tanggalnya hanya saya yang tahu," imbuh Jokowi yang didukung 9 parpol di Pilpres 2019.

Jokowi juga masih merahasiakan lokasi deklarasi cawapres, meskipun PDIP memberikan petunjuk umum lokasi berada di Jakarta. Begitu pun apakah deklarasi dilakukan di menit-menit akhir atau sebaliknya.


"Bisa saja diumumkan dulu baru mendaftar, bisa saja daftar langsung diumumkan," tutur Jokowi.

Saat disinggung apakah Jokowi akan deklarasi cawapres dan daftar ke KPU hari Rabu, ia menjawab diplomatis. Sebab, hari Rabu dikenal sering dipilih Jokowi sebagai hari pengambilan keputusan atau langkah penting.

"Hari Rabu berarti lusa dong," ujarnya.


Sejumlah kebijakan penting beberapa kali diputuskan Jokowi di hari Rabu. Jokowi juga lahir di Rabu Pon pada 21 Juni 1961. Dua kali reshuffle dilakukan di hari Rabu, yakni pada 27 Juli 2016 dan 17 Januari 2018. Soal kemungkinan hari Rabu menjadi hari Jokowi mengumumkan cawapresnya, Sekjen PDIP pernah berkomentar.

"Hanya ada yang mengatakan selama ini Pak Jokowi mengambil keputusan itu sering hari Rabu. (Hari Rabu) itu kan kebetulan yang biasa terjadi. Intinya antara 4-10 (Agustus), kita cari momentum yang terbaik," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di DPP PDIP, Jl Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (1/8/2018).


Tonton juga video: 'Jokowi Sudah Kantongi Nama Cawapres'

[Gambas:Video 20detik]




Jokowi Rahasiakan Tanggal Pendaftaran Capres: Hanya Saya yang Tahu

(dkp/dnu)
FOKUS BERITA: Masa Kampanye Damai
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com