DetikNews
Minggu 05 Agustus 2018, 15:51 WIB

Heboh Arahan Jokowi ke Relawan, Mardani Bicara #2019GantiPresiden

Danu Damarjati - detikNews
Heboh Arahan Jokowi ke Relawan, Mardani Bicara #2019GantiPresiden Mardani Ali Sera (Adhi Wicaksono/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyeru kepada relawannya agar berani jika diajak berantem. Menanggapi seruan itu, penggawa #2019GantiPresiden justru membanggakan sikap politik kelompoknya.

"Kami #2019GantiPresiden selalu menjaga adab, menjauhi kelahi, dan kekerasan fisik," kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera kepada detikcom, Minggu (5/8/2018).

Mardani tidak menganggap seruan Jokowi kepada relawannya itu sebagai seruan aksi kekerasan. Dia paham Jokowi tak menginginkan kekerasan fisik. Gerakan #2019GantiPresiden juga siap 'berantem' gagasan.


"Tentu maksud Pak Jokowi bukan berantem fisik ya, karena politik itu perang tanpa pertumpahan darah, tanpa kelahi fisik. Sementara perang adalah politik dengan pertumpahan darah," kata Mardani.

Arahan Jokowi kepada relawan di Pilpres 2019 agar 'berani jika diajak berantem' ramai jadi pembahasan. Arahan itu disampaikan saat Jokowi berbicara di Rapat Umum Relawan Jokowi, bertempat di SICC, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (4/8). Jokowi awalnya meminta relawan untuk bersatu, militan, dan kerja keras.

Video 20Detik: Arahan Lengkap Jokowi ke Relawan

[Gambas:Video 20detik]



"Tidak usah suka mencela, tidak usah suka menjelekkan orang lain. Tapi kalau diajak berantem juga berani," ucap Jokowi yang disambut riuh relawan sambil berdiri.

"Tapi jangan ngajak lho. Saya bilang tadi, tolong digarisbawahi. Jangan ngajak. Kalau diajak, tidak boleh takut," sambungnya.

Heboh Arahan Jokowi ke Relawan, Mardani Bicara #2019GantiPresiden

(dnu/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed