DetikNews
Kamis 02 Agustus 2018, 13:06 WIB

Mau Daftar Kekayaan Intelektual? Cek Dulu di Sini

Moch Prima Fauzi - detikNews
Mau Daftar Kekayaan Intelektual? Cek Dulu di Sini Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta - Banyak masyarakat yang belum mengetahui fitur terkait penelusuran data permohonan Kekayaan Intelektual (KI) yang terdapat pada website resmi Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM). Salah satunya Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) atau yang dulu dikenal penelusuran permohonan Kekayaan Intelektual e-status.

PDKI merupakan sebuah sistem penelusuran data dan informasi KI berbasis web yang dibangun dan dikelola secara mandiri oleh DJKI Kemenkum HAM. Sistem penelusuran ini dibuat untuk memudahkan masyarakat mendapatkan data informasi KI.


"Masyarakat dapat menelusuri data dan informasi KI seperti Paten, Paten Sederhana, Merek, Desain Industri, Hak Cipta, dan Indikasi Geografis. Status permohonan KI yang ditelusuri meliputi ditolak, diberi, batal, dalam proses, dan masa berakhirnya," demikian pernyataan DJKI dalam rilisnya, Kamis (2/8/2018).

Perlu diketahui, DJKI melakukan update atau pembaharuan data secara periodik setiap minggu, di mana salah satu informasi yang dapat diketahui masyarakat adalah status permohonan.

Untuk menggunakan fasilitas tersebut, pastikan perangkat yang digunakan terhubung ke jaringan internet. Buka peramban (web browser), arahkan browser Anda ke alamat dgip.go.id, kemudian pilih e-PENELUSURAN HKI dan pilih Pangkalan Data KI Indonesia.


Langkah lain untuk mendapatkan link penggunaan PDKI adalah dengan menuliskan pada browser https://pdki-indonesia.dgip.go.id/

Pastikan Anda memilih terlebih dahulu kategori penelusuran untuk informasi yang di inginkan. Setelah memilih, pada kolom Keyword Pencarian, Anda dapat menuliskan kata kunci dari informasi yang akan dicari.
(ega/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed