detikNews
Jumat 27 Juli 2018, 22:18 WIB

KPK Ingin Dapat Akses CCTV Seluruh Sel Terpidana Korupsi

Ahmad Bil Wahid - detikNews
KPK Ingin Dapat Akses CCTV Seluruh Sel Terpidana Korupsi Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Terbongkarnya sel mewah di Lapas Sukamiskin membuat KPK berniat meningkatkan pengawasan. KPK ingin bisa mendapatkan akses CCTV sel-sel terpidana korupsi.

"Salah satu yang paling efektif kemarin kita pikir andai semua CCTV setiap lapas kita bisa dapat," kata Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan di Kantornya, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (27/7/2018).
KPK bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM. Rencana ini sedang dijajaki oleh kedua belah pihak.
"Apakah bisa seluruh CCTV di lapas bisa kita ambil nanti sehingga kita bisa mengontrol. Ini harus ada kesepakatan. Karena tidak mungkin itu semua dilakukan oleh personel KPK. Mereka (Ditjen PAS) adalah yang tetap melakukannya, tapi ada beberapa yang harus kita atur bersama-sama," tuturnya.
Dia merasa ini adalah momentum yang paling tepat untuk membenahi manajemen di lapas. Meski tim bersama belum terbentuk, KPK sudah berbicara dengan Dirjen PAS Sri Puguh Budi Utami untuk melakukan pembenahan manajemen lapas secara bersama-sama.

"Waktu ini saya pikir waktu yang paling tepat," kata dia.



(dnu/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com