DetikNews
Jumat 27 Juli 2018, 18:31 WIB

Pemprov DKI Minta Perajin Tempe Setop Produksi Saat Asian Games

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Pemprov DKI Minta Perajin Tempe Setop Produksi Saat Asian Games Foto ilustrasi: Perajin tempe (Rachman Haryanto/detikcom)
FOKUS BERITA: Jurus Usir Bau Kali Item
Jakarta - Perajin tahu dan tempe di sekitar Kali Sentiong akan ditertibkan menjelang Asian Games 2018. Pemprov DKI akan meminta mereka berhenti beroperasi jika mengganggu pergelaran Asian Games.

"Kalau mungkin masih mengganggu, disetop dulu. Kita usahakan rapi, kan namanya orang dagang," kata Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan, Irwandi, di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (27/7/2018).
Irwandi mengatakan telah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Sumber Daya Air untuk menertibkan perajin. Perajin tahun dan tempe diminta lebih memperhatikan limbah hasil produksi mereka.

"Nanti ditangani sama SDA, Lingkungan Hidup, disuruh keringin kayak sampah terus dibuang," jelasnya.
Irwandi menuturkan saat ini hanya ada 40 perajin yang beroperasi. Pihaknya akan membuat koperasi bagi mereka agar lebih tertib.

"Kita akan bikin tempat komunal nanti, jadi nanti sebenarnya binaan Dinas Perindustrian. Cuma ada koperasinya," sebut Irwandi.

Pemprov DKI sudah mendata jenis pabrik apa saja yang ada di sekitar Kali Item yang berpotensi membuang limbahnya ke kali tersebut. Sandiaga menegaskan bakal menyetop kegiatan produksi jika tetap membuang limbah ke Kali Item.
"Sudah didata oleh Wali Kota Jakarta Pusat dan Jakarta Utara. Dan sudah dikirim juga dari Dinas UMKM. Mereka diminta untuk disetop berproduksi dan dicarikan solusi lain supaya tidak membuang limbahnya ke Kali Sentiong," kata Wagub DKI Sandiaga Uno, Kamis (26/7).

Namun Sandiaga mengaku tidak mau menyetop begitu saja pabrik di sekitar Kali Item. Solusi lain, para pemilik harus bekerja sama dengan PD PAL Jaya untuk mengelola limbah mereka.

"Kalau misalnya dia tetap produksi, limbahnya harus ditangani. Jadi PD PAL JAYA nanti juga akan turun untuk memastikan mereka bisa mengolah limbahnya," jelasnya.
(fdu/dnu)
FOKUS BERITA: Jurus Usir Bau Kali Item
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed