detikNews
Jumat 27 Juli 2018, 17:54 WIB

Korban Mati Kelaparan di Maluku Bertambah Jadi 4 orang

Muslimin Abas - detikNews
Korban Mati Kelaparan di Maluku Bertambah Jadi 4 orang TNI memberi pertolongan ke suku terpencil di Maluku Tengah. (ist.)
Maluku - Warga Komunitas Adat Terpencil (KAT) Suku Mause Ane, Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, terisolasi dari dunia luar. Akibatnya, mereka jauh dari jangkauan bantuan.

Kondisi di atas membuat tiga orang meninggal dunia. Kini jumlahnya bertambah menjadi empat orang.

"Bertambah satu, mungkin karena ada sakit. Kondisinya begitulah," kata Kepala Dinas Sosial Maluku Sartono Pinning kepada wartawan, Jumat (27/7/2018).

Sartono menambahkan untuk warga yang meninggal akan diberi santunan kepada ahli waris. Dan untuk warga yang lain akan diambil langkah konkret untuk melakukan penanggulangan.

"Kemungkinan besar akan dilakukan langkah-langkah konkret berupa pemberian santunan kepada ahli waris. Biasanya kalau yang meninggal itu uang tunai biasanya Rp 15 juta per ahli waris," ujar Sartono.

Mereka yang meninggal adalah Lusirue (50), Asoka (2 Bulan), Aiyowa (4), dan yang baru meninggal Laupia (60). Jumlah warga suku ini tidak mencapai 200 orang dan terpencar di 3 lokasi. Untuk ke lokasi dibutuhkan waktu 2 hari dari ibu kota kabupaten.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com