detikNews
Rabu 25 Juli 2018, 17:51 WIB

Soal Foto di Bungkus Rokok, Sampoerna Dapat Gambar dari Kemenkes

Muhajir - detikNews
Soal Foto di Bungkus Rokok, Sampoerna Dapat Gambar dari Kemenkes
Surabaya - Dadang Mulya (42) keberatan fotonya digunakan sebagai model kemasan rokok karena tanpa izin. Merasa dirugikan, ia pun mengharapkan royalti.

PT HM Sampoerna Tbk, yang juga menggunakan foto itu, menyatakan Kementerian Kesehatan RI, melalui Permen Nomor 28 Tahun 2013 tentang Pencantuman Peringatan Kesehatan dan Informasi Kesehatan pada Kemasan Produk Tembakau, telah menentukan dan membagikan 5 macam gambar peringatan kesehatan yang wajib dicantumkan pada kemasan rokok yang beredar dan diperjualbelikan di Indonesia, terhitung sejak Juni 2014.

"Setiap pabrikan, termasuk Sampoerna, wajib mematuhi dan menerapkan ketentuan tersebut berdasarkan peraturan di atas seperti diatur dalam Pasal 3," kata Direktur Fiskal dan Hubungan Eksternal PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna), Elvira Lianita, dalam keterangan tertulis, Rabu (25/7/2018).


Pasal 3 berbunyi:

Setiap orang yang memproduksi dan/atau mengimpor produk tembakau ke dalam wilayah Indonesia wajib mencantumkan Peringatan Kesehatan pada Kemasan terkecil dan kemasan lebih besar produk tembakau.

Sampoerna mendapatkan foto tersebut dari regulator, yaitu Kemenkes. Alhasil, segala hal yang terkait keabsahan foto itu ada di pihak Kemenkes.

"(Jadi) jika ada pihak yang mempertanyakan pemilihan dan penggunaan gambar peringatan yang dicantumkan pada kemasan rokok, maka pertanyaan tersebut seyogianya disampaikan kepada Kementerian Kesehatan RI sebagai regulator yang telah menentukan dan mewajibkan pencantumannya gambar tersebut, dan bukan ditujukan kepada pabrikan rokok," tandas Elvira.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com