DetikNews
Sabtu 21 Juli 2018, 13:13 WIB

Demokrat Minta Caleg Artis Contoh Tantowi Yahya

Faiq Hidayat - detikNews
Demokrat Minta Caleg Artis Contoh Tantowi Yahya Duta Besar RI untuk Selandia Baru, Samoa, dan Kerajaan Tonga 2017-2020, Tantowi Yahya (Muhammad Ridho/detikcom)
Jakarta - Beberapa artis mendaftarkan diri sebagai calon legislator di Pileg 2019. Waketum Partai Demokrat Roy Suryo menjadikan politikus Golkar Tantowi Yahya sebagai role model.

"Tidak mudah melepaskan keartisannya. Misalnya Tantowi Yahya, saya salut artis setelah menjadi anggota Dewan dan di komisi serius di komisi, Dede Yusuf juga tidak pernah lagi," ujar Roy Suryo saat diskusi 'Colak-colek Caleg' di Warung Daun, Jalan Cikini, Jakarta, Sabtu (21/7/2018).

Sebagaimana diketahui, Tantowi saat ini menjabat Duta Besar RI untuk Selandia Baru, Samoa, dan Kerajaan Tonga 2017-2020.


Roy, yang juga menjabat anggota DPR, mengaku pernah melihat seorang artis yang belum menghilangkan keartisannya. Namun Roy tak mau menyebutkan nama artis tersebut.

"Banyak artis yang tidak bisa meninggalkan keartisannya, siapa ya? Di DPR masih berlaga artis," tutur dia.


Tonton video Marak Caleg Pindah Partai, PAN: Partai Dianggap Panggung Hiburan

Demokrat sudah menyerahkan berkas bakal caleg kepada KPU pada Selasa (17/7). Data caleg yang diajukan Demokrat berjumlah 574 orang, terdiri atas 347 laki-laki dan 227 perempuan.

Menurut Roy, Demokrat sudah melakukan seleksi terhadap calon anggota legislatif. Bahkan Demokrat melakukan standardisasi terhadap nomor urut caleg di Pileg 2019.


Contohnya, atlet bulutangkis Taufik Hidayat mendapatkan nomor urut 2 di Dapil Jabar, meskipun popularitasnya tinggi.

"Nomor 1 incumbent, kedua pengurus inti, ketiga vote getter, kadang vote getter kalah sama kader. Contoh Dapil Jabar II, ada Taufik hidayat, dia atlet bulutangkis, ada incumbent Dede Yusuf, dia nomor pertama," kata Roy.
Demokrat Minta Caleg Artis Contoh Tantowi Yahya

(fai/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed