DetikNews
Jumat 20 Juli 2018, 15:52 WIB

Ini Nano Bubble yang Diklaim Bisa Kurangi Bau di Kali Item

Eva Safitri - detikNews
Ini Nano Bubble yang Diklaim Bisa Kurangi Bau di Kali Item Nano bubble di Kali Item, Jumat (20/7/2018) (Eva Safitri/detikcom)
FOKUS BERITA: Jurus Usir Bau Kali Item
Jakarta - Kali Item, yang berada di dekat Wisma Atlet Kemayoran untuk Asian Games, jadi perhatian Pemprov DKI. Pemprov berupaya mengatasi bau tak sedap serta 'menutup' pemandangan hitam pekatnya air Kali Item.

Cara yang dilakukan adalah memasang jaring alias waring di permukaan kali. Targetnya, waring Kali Item yang berada di belakang Wisma Atlet dipasang sepanjang 689 meter.

Waring ini yang disebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bisa mengurangi bau di Kali Item, yang menyambung ke aliran Kali Sentiong dan Kali Sunter. Tapi bukan cuma waring, pihak terkait juga memasang nano bubble yang diklaim bisa mengurangi aroma tak sedap. Bau tak sedap dari kali di sekitar Wisma Atlet dikhawatirkan bisa mengganggu kenyamanan atlet Asian Games.



 Nano bubble di Kali Item Nano bubble di Kali Item. (Eva Safitri/detikcom)

Tonton juga video: 'Kali Item Kemayoran yang Tak Lagi Berbau'

[Gambas:Video 20detik]


"Nano bubble itu fungsinya sama dengan aerator untuk menghilangkan bau juga sama dengan aerator. Bedanya kan itu (nano bubble) diaduknya di bawah, kalau aerator tadi di atas diaduknya," ujar Koordinator Rumah Pompa Aliran Timur Wilayah Jakarta Utara, Sopyan, saat ditemui di lokasi, Jumat (20/7/2018).



Kenyamanan di Wisma Atlet Kemayoran terkait aliran sejumlah kali di sekitarnya memang juga 'dijaga'. Di Danau Sunter Selatan, yang menyambung ke Kali Sentiong, dipasang aerator.

"Kalau aerator ini diberhentikan, baunya itu sampai ke atas penginapan Asian Games itu," sebut Sopyan.

Nano bubble di Kali ItemNano bubble di Kali Item. (Eva Safitri/detikcom)

Ini Nano Bubble yang Diklaim Bisa Kurangi Bau di Kali Item

(fdn/tor)
FOKUS BERITA: Jurus Usir Bau Kali Item
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed