DetikNews
Kamis 19 Juli 2018, 23:00 WIB

Bursa Cawapres Prabowo, Jagoan PKS Masih Lemah

Gibran Maulana Ibrahim, Tsarina Maharani, Zunita Amalia Putri - detikNews
Bursa Cawapres Prabowo, Jagoan PKS Masih Lemah Prabowo bakal maju capres, apakah cawapresnya bakal berasal dari PKS? Siapa? (Wildan/detikcom)
Jakarta - PKS masih menggadang-gadang sembilan nama kandidatnya untuk menjadi cawapres bagi Prabowo Subianto. Namun sejauh ini, para jagoan PKS belum berjaya di survei soal Pilpres 2019.

Sembilan nama kandidat cawapres dari PKS itu adalah mantan Gubernur Jawa Barat dari PKS Ahmad Heryawan (Aher); Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid; mantan Presiden PKS Anis Matta, dan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno. Kemudian Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri, mantan Presiden PKS Tifatul Sembiring, Ketua DPP PKS Almuzzammil Yusuf, serta Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera.
Di antara nama-nama PKS itu, hanya Aher yang masuk di survei terbaru Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tentang cawapres Prabowo. Aher meraup 2,9 persen suara responden, terpaut jauh dari Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, yang bukan merupakan kader parpol, dengan perolehan 23,1 persen suara responden.

Itu adalah hasil survei LIPI yang dirilis di Hotel Century Park, jakarta, Kamis (19/7/2018). Survei ini telah melibatkan 2.100 responden, dengan perkiraan margin of error kurang-lebih 2,14 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka oleh enumerator yang telah dilatih dengan instrumen kuesioner. Pengumpulan data dilakukan pada 19 April hingga 5 Mei 2018.
Berikut hasil lengkap survei pilihan cawapres untuk Prabowo dengan pertanyaan terbuka:
1. Anies Baswedan 23,1%
2. Gatot Nurmantyo 20%
3. Agus Harimurti Yudhoyono 15,7%
4. M Zainul Majdi 5,9%
5. Wiranto 3,8%
6. Ahmad Heryawan 2,9%
7. Ridwan Kamil 2,7%
8. Joko Widodo 2,5%
Lainnya 11,1%
Tidak jawab 12,3%

Dari urutan kandidat cawapres Prabowo di atas, tak ada nama kader PKS selain Aher (Ahmad Heryawan). Padahal di kalangan internal PKS sendiri, nama Ketua Majelis Syuro Salim Segaf Al-Jufri tengah dijagokan.
"Ustaz Salim Segaf Al-Jufri banyak didukung para ulama dan habaib," kata Mardani, Selasa (10/7/2018).

Ada pula Mahfudz Siddiq, yang menjagokan Anis Matta dan tak terima dengan wacana pengusungan Anies Baswedan menjadi cawapres Prabowo. Mahfudz memang dikenal sebagai loyalis Presiden PKS terdahulu itu.

Apa pun itu, nama Salim Segaf Al-Jufri dan Anis Matta sama-sama tak ada di delapan nama cawapres Prabowo pilihan responden LIPI. Tak ada pula nama Mardani, Sohibul Iman, Hidayat Nur Wahid, Tifatul Sembiring, Almuzzammil Yusuf, hingga Irwan Prayitno di situ.
(dnu/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed