DetikNews
Rabu 18 Juli 2018, 12:38 WIB

Jateng VII, Dapil 'Neraka' Pertarungan Pimpinan DPR

Elza Astari Retaduari - detikNews
Jateng VII, Dapil Neraka Pertarungan Pimpinan DPR Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Dapil Jawa Tengah VII merupakan daerah pemilihan 'neraka' di Pileg 2019. Sebab, separuh pimpinan DPR akan kembali bertarung melalui dapil ini.

Dapil Jateng VII meliputi wilayah Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen. Lima dari enam pimpinan DPR diketahui akan kembali maju di Pileg 2019. Hanya Fahri Hamzah yang menyatakan tidak akan nyaleg pada pemilu kali ini.

Ketua DPR Bambang Soesatyo akan maju di Dapil Jateng 7. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Koordinator Bidang Pratama DPP Partai Golkar itu.


Saksikan juga video 'Johan Budi Nyaleg Lewat PDIP untuk Dapil Jawa Timur':

[Gambas:Video 20detik]



"Saya diminta oleh partai untuk mencalonkan lagi untuk dapil yang semula. Jawa Tengah VII," kata Bamsoet di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (18/7/2018).

Bukan hanya Bamsoet, dua pimpinan DPR lain juga akan kembali bertarung lewat dapil ini. Mereka adalah Taufik Kurniawan (PAN) dan Utut Adianto (PDIP).

"Dari legislatif, Pak Basarah, dan Pak Utut juga kembali mencalonkan diri dari dapil yang selama ini mereka wakili. Saya sendiri juga akan kembali dicalonkan oleh partai, tetap dari Dapil NTT 1," jelas Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pereira.


Pada Pileg 2014, Utut diketahui maju lewat Dapil Jateng VII. Sedangkan Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah maju lewat Dapil Jatim V.

Selain tiga pimpinan DPR, Dapil Jateng VII akan menjadi tempat bertarungnya Ketum PPP Romahurmuziy (Rommy) kembali menuju Senayan. Diketahui Jateng VII juga menjadi dapil dua anggota DPR, Taufik Abdullah (PKB) dan Darori Wonodipuro (Gerindra).

Sementara itu, Wakil Ketua DPR Fadli Zon masih akan maju lewat dapil yang sama. Waketum Gerindra tersebut akan bertarung di Dapil Jabar V.

"Dapil Kabupaten Bogor, bareng Adian Napitupulu (PDIP)," kata politikus Gerindra, Andre Rosiade, Rabu (18/7).

Untuk satu Wakil Ketua DPR lainnya, Agus Hermanto, belum diketahui maju lewat dapil mana. Namun, pada Pileg 2014, politikus Demokrat itu bertarung di Dapil Jateng I.

Jateng VII, Dapil 'Neraka' Pertarungan Pimpinan DPR
  • Jateng VII, Dapil Neraka Pertarungan Pimpinan DPR
    Foto: Lamhot Aritonang
  • Jateng VII, Dapil Neraka Pertarungan Pimpinan DPR
    Pimpinan DPR RI (Lamhot Aritonang/detikcom)

(elz/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed