DetikNews
Rabu 18 Juli 2018, 06:13 WIB

Setelah Bertemu Puan, Prabowo Temui SBY

Andhika Prasetia - detikNews
Setelah Bertemu Puan, Prabowo Temui SBY Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto akan bertemu Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hari ini. Pertemuan digelar sehari setelah Prabowo bertemu politikus PDIP Puan Maharani.

Pertemuan direncanakan di kediaman SBY, kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (18/7/2018). Pihak Demokrat menyebut akan ada kejutan dari kedua tokoh tersebut.

"Pokoknya ngomongin pilpres. Ngomongin masa depan bangsa. Saya kira ini ditunggulah oleh semua orang," ujar Sekjen PD Hinca Pandjaitan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/7).


Tonton juga video: 'Bertemu Puan, Prabowo: Kita Ingin Jalin Persahabatan'

[Gambas:Video 20detik]


Nah dua hari berselang atau H-1 pertemuan, ternyata Prabowo sempat bertemu dengan politikus PDIP sekaligus putri dari Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani. Prabowo mengaku pertemuan membahas hal-hal ringan.

"Beliau bilang mau belajar naik kuda di Hambalang, ya kayak yang gitu-gitu aja," ujar Prabowo di kediamannya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (17/7).

Saat disinggung soal pertemuan dengan SBY hari ini, ia enggan memprediksi soal peluang Demokrat merapat ke Gerindra pada Pilpres 2019. Begitu juga soal kans duet dengan Ketua Kogasma Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Namun Prabowo tak menampik akan ada penjajakan koalisi antara Gerindra dan Demokrat menjelang Pilpres 2019.

"Kita ketemu saja belum. Kita terutama komunikasi, penjajakan semua kemungkinan, kita bicarakan, yang penting ada komunikasi baik," kata mantan Danjen Kopassus ini.

Pertemuan Prabowo dengan SBY sudah beberapa kali terjadi, entah saat momen Pilpres 2014 atau pasca-Pilpres. Setidaknya ada 4 kali pertemuan sejak Maret 2013 hingga sebelum pilpres pada Juli 2014.



Setelah Pilpres, keduanya sekali bertemu di Cikeas tanggal 27 Juli 2017. Pertemuan Prabowo-SBY saat itu menjalin 'kerja sama tanpa koalisi'.

"Meskipun tidak dalam bentuk koalisi, karena kita kenal Koalisi Indonesia Hebat, Koalisi Merah Putih, pun sudah mengalami pergeseran dan perubahan fundamental. Karena itu, kami memilih tidak perlu membentuk koalisi. Yang penting kita meningkatkan komunikasi dan kerja sama," ujar SBY dalam konferensi pers di kediamannya di Puri Cikeas, Bogor, Kamis (27/7/2017).

Setelah Bertemu Puan, Prabowo Temui SBY

(dkp/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed