DetikNews
Selasa 17 Juli 2018, 18:42 WIB

Daftarkan Bacaleg, Hanura Klaim Kadernya Bersih dari Koruptor

Zunita Amalia - detikNews
Daftarkan Bacaleg, Hanura Klaim Kadernya Bersih dari Koruptor Partai Hanura mendaftarkan bakal caleg ke KPU. (Ari Saputra/detikcom)
FOKUS BERITA: Bursa Transfer Caleg
Jakarta - Partai Hanura mendaftarkan 575 bakal calon anggota legislatif untuk Pileg 2019 ke Komisi Pemilihan Umum. Hanura mengklaim seluruh kader yang didaftarkan nyaleg bersih dari eks napi koruptor.

Penyerahan dokumen calon anggota legislatif di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, dilakukan oleh Partai Hanura yang diwakili Sekjen Hanura Herry Lontung Siregar ditemani Ketua DPP Hanura Sutrisno Iwantono. Berkas tersebut diterima komisioner KPU Hasyim Asy'ari, Wahyu Setiawan, dan Viryan Aziz.

"Hari ini kita dari Partai Hanura datang memenuhi kewajiban kita untuk mendaftarkan semua para calon anggota DPR yang telah kita jaring. Sampai saat ini seluruh Indonesia, kita menjaring untuk DPRD kabupaten-kota-provinsi dan pusat berjumlah hampir 27 ribu orang, tetapi kita seleksi sekarang tinggal 26 ribu," kata Herry kepada wartawan di lokasi, Selasa (17/7/2018).


Herry mengatakan saat ini Hanura telah memenuhi syarat dari KPU mengenai keterwakilan perempuan sebesar 30 persen. Tak hanya itu, dia menuturkan kader Hanura yang didaftarkan adalah orang terpilih dan bersih dari catatan hukum.

"Keterwakilan perempuan 30 persen, malah kita melebihi. Semua calon yang statusnya sebagai (eks napi) narkoba, kekerasan seksual, dan koruptor kita tidak calonkan. Kita menjaring ini semua, mulai dari daerah. Jadi tokoh daerah banyak yang kita calon dari pada kaum muda-muda ini," imbuh dia.


Herry kemudian mengajak masyarakat mengawal pemilu. Diharapkan aturan PKPU soal larangan eks napi korupsi hingga predator seksual nyaleg dipatuhi.

"Maka itu, kami berharap kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk sama-sama ikut kita mengawal pemilu ini, karena kami berdiri di atas rel ini ya. Mudah-mudahan niat baik kami ini mendapat respons pada masyarakat," tutur dia.


Diketahui, hari ini merupakan hari terakhir pendaftaran bakal caleg. Pendaftaran dibuka sejak 4 Juli 2018. Sebelumnya ada partai PSI, Perindo, PDIP, dan Demokrat yang mendaftarkan bakal caleg mereka.
(ams/ams)
FOKUS BERITA: Bursa Transfer Caleg
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed