DetikNews
Jumat 13 Juli 2018, 19:12 WIB

Anies Pertanyakan Alasan 6 Ruas Tol Dalkot Jadi Proyek Nasional

Indra Komara - detikNews
Anies Pertanyakan Alasan 6 Ruas Tol Dalkot Jadi Proyek Nasional Anies Baswedan (Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mempertanyakan proyek 6 ruas jalan tol dalam kota yang ditolaknya kini diteruskan pemerintah pusat. Anies mengatakan, saat pemindahan kewenangan itu, dirinya belum menjabat gubernur.

"Kan saya sudah cerita bahwa bulan Juni berarti 4 bulan sebelum dilantik, wewenang itu ditarik. Malah justru pertanyaannya ke pusat, ada apa?" kata Anies di Taman Sambas, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (13/7/2018).



Anies kemudian merinci posisi dirinya sebelum dan setelah proyek 6 ruas jalan tol berpindah wewenang. Anies lalu meminta awak media menanyakan langsung kepada pemerintah pusat.

"Tanyanya ke sana, karena saya nggak tahu. Jadi bulan Juni saya belum dilantik, April selesai pilkada, Juni keluar perpres yang menarik proyek ruas jalan tol itu dari pemprov jadi program strategis nasional. Bulan Oktober saya baru mulai bertugas, jadi ketika saya mulai bertugas, 6 ruas jalan tol itu sudah tidak lagi berada di wilayah pemprov. Pertanyaannya, kenapa diangkat? Nah itu harus tanya ke sana bukan ke saya," jelas Anies.



Lebih lanjut, Anies juga belum mengetahui apakah ada komunikasi antara pemerintah pusat dan Gubernur DKI sebelumnya. Anies akan mengecek apakah ada komunikasi dari pimpinan DKI sebelumnya.

"Nanti saya cek apakah ada surat menyurat, good point," kata Anies.
(idn/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed