DetikNews
Jumat 13 Juli 2018, 18:59 WIB

Khofifah Ingin Tingkatkan Kualitas Garam Madura

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Khofifah Ingin Tingkatkan Kualitas Garam Madura Gubernur Jatim terpilih Khofifah Indra Parawansa. (Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Jakarta - Gubernur Jawa Timur terpilih Khofifah Indar Parawansa mengatakan akan meningkatkan perekonomian di Pulau Madura, salah satunya dengan industrialisasi garam. Menurut Khofifah, kualitas garam di Madura perlu ditingkatkan.

"Industrialisasi garam ini kan sebetulnya Madura kan dulu dikenal sebagai pulau garam. Kalau Madura dikenal sebagai pulau garam kan sesungguhnya meningkatkan kualitas garam di Madura dengan kualitas garam beryodium," kata Khofifah di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (13/7/2018).


Jika kualitas garam beryodium Madura ditingkatkan, kebutuhan garam rumah tangga dapat dipenuhi. Selain itu, garam untuk industri, dikatakan Khofifah, juga dapat terpenuhi.

"Dengan begitu, bisa mengurangi impor garam yang sekarang, karena sebetulnya impor garam itu kan lebih banyak untuk industri, tapi sering kali merembes juga ke pasar," ujarnya.

"Jadi kalau industri garam pasti akan terkait dengan proses iodisasi, proses untuk menjadi garam industri, itu akan menjadi satu kesatuan," lanjutnya.

Menurut Khofifah, garam merupakan kultur yang sudah melegenda bagi warga Madura. Untuk itu, kapasitas petani garam di Madura harus ditingkatkan dengan memberi pemahaman teknologi.

"Inovasi teknologi itu bisa berseiring dengan meningkatkan produktivitas, benefit, dan kesejahteraan mereka," ucapnya.


Selain garam, Khofifah akan berfokus meningkatkan industri gula di Madura. Salah satunya dengan membuat pabrik.

"Di sana ada di Pasean itu ada perkebunan tebu yang cukup luas. Jadi sebenarnya sudah dimungkinkan membuka pabrik gula di sana," tuturnya.
(nvl/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed