DetikNews
Jumat 13 Juli 2018, 15:58 WIB

Kurangi Parkir Liar, Pemprov Manfaatkan Kawasan Kali Besar Kota Tua

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kurangi Parkir Liar, Pemprov Manfaatkan Kawasan Kali Besar Kota Tua Parkir di sekitar jalur pedestrian Kali Besar, Kota Tua, Jakarta (Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta - UP Perparkiran Dinas Perhubungan DKI Jakarta memanfaatkan kawasan di sekitar jalur pedestrian Kali Besar, Kota Tua, Jakarta Barat, sebagai tempat parkir. Tujuannya mengurangi parkir liar di kawasan Kota Tua.

Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (13/7/2018), terlihat puluhan motor dan beberapa mobil terparkir di kawasan ini. Petugas Dishub pun terlihat berjaga di lokasi.

"Jadi ini untuk mengurangi adanya parkir-parkir liar. Jadi, selain di Jalan Cengkeh, ada di Kali Besar sisi kiri dan kanan. Nanti juga ada petugas yang keliling untuk penertiban parkir liar," kata Manajer Humas UP Perparkiran Ivan Valentino.


Sebanyak 10 TPE (Terminal Parkir Elektronik) terlihat sudah terpasang di lokasi ini. Tarif parkir yang diterapkan bersifat progresif.

TPE di kawasan Kali Besar Kota TuaTPE di kawasan Kali Besar Kota Tua (Arief Ikhsanudin/detikcom)
"Untuk motor Rp 2.000 per jam, sedangkan untuk mobil Rp 5.000 per jam," kata Ivan.

Pembayaran parkir dengan TPE bisa menggunakan uang elektronik. Namun bagi warga yang tak punya uang elektronik bakal mendapat bantuan dari petugas parkir.

"Petugas ini memiliki aplikasi jukir. Kendaraan difoto, nanti tiket langsung keluar," ucap Ivan.


Ivan mengatakan bakal melakukan evaluasi terkait penerapan sistem parkir di lokasi ini. Evaluasi bakal dilakukan setiap minggu.

"Tiap minggu akan kita evaluasi," pungkas Ivan.
(aik/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed