DetikNews
Kamis 12 Juli 2018, 15:26 WIB

Curi Dolar Mahasiswa WN Korsel, 3 OB Punya Kartu Akses Kamar Kos

Matius Alfonso - detikNews
Curi Dolar Mahasiswa WN Korsel, 3 OB Punya Kartu Akses Kamar Kos Foto: Matius Alfonso/detikcom
Depok - Tiga office boy (OB) yang bekerja di sebuah tempat kos di Kukusan, Beji, Depok, ditangkap karena mencuri uang dolar milik mahasiswa WN Korea Selatan. Mereka bisa leluasa masuk ke kamar lantaran punya akses.

"Di sana ada beberapa kamar dan kuncinya bisa dibuka hanya satu kunci master card ini. Mereka cleaning service atau OB ya, jadi dapat akses kamar-kamar kos tersebut," kata Wakapolresta Depok AKBP Arif Budiman kepada wartawan di kantornya, Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Kamis (12/7/2018).

Ketiga pelaku adalah M Ilaludin, Reinhard Suratiho Zefanya, dan Asep Awaludin. Mereka adalah petugas yang sehari-hari membersihkan kamar kos para mahasiswa.

"Iya, mereka tergiur saat membersihkan kamar terlihat barang bukti ini tergeletak berserakan di kamar, sehingga tergiur. Ada peran kapten, dan dua lagi mengawasi," imbuhnya.

Polisi pamerkan barang bukti pencurian di kosan WN KorselPolisi memamerkan barang bukti pencurian di kosan WN Korsel. (Matius Alfonso/detikcom)


Ketiga pelaku membawa uang senilai total Rp 13 juta di kamar kos. Uang hasil kejahatan itu digunakan untuk beli ponsel baru dan makan-makan.

Kasus ini terungkap setelah delapan mahasiswa WN Korsel kehilangan uang di kamar kos. Mereka kemudian memasang kamera tersembunyi untuk mencari tahu pelaku pencurian.

"Terbongkarnya dari korban sendiri sudah curigai dari hari pertama sampai kedua. Akhirnya mereka memasang suatu kamera tersembunyi, dipasang di kamar. Kelihatan (pelaku) akhirnya dari handphone," tuturnya.
(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed