DetikNews
Kamis 12 Juli 2018, 14:28 WIB

Sindikat 30 Kg Sabu Dibekuk di Pelabuhan Merak

M Iqbal - detikNews
Sindikat 30 Kg Sabu Dibekuk di Pelabuhan Merak Ilustrasi (Foto: dok. detikcom)
Serang - Terduga kurir sabu Surya (34) diamankan Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak, Banten. Pelaku diamankan bersama dua sopir terkait 30 kilogram sabu.

Polisi awalnya mendapat laporan dari KSKP Bakauheni, yaitu ada terduga pelaku yang membawa narkoba jenis sabu menyeberang ke Pelabuhan Merak menggunakan mobil Avanza Velos BK-1212-NK.

"Kemudian anggota KSKP Merak menyisir dermaga dan didapati mobil tersebut keluar dari KMP Wira Artha, yang sandar di Dermaga V. Kemudian kendaraan tersebut berikut tiga orang di dalamnya diamankan di kantor KSKP Merak," kata Kapolsek KP Merak AKP Salahuddin kepada wartawan, Kamis (12/7/2018).

Setelah melakukan penggeledahan, polisi tak mendapati barang bukti sabu yang dimaksud. Namun, setelah dimintai keterangan, Surya mengaku sebagai kurir yang mengawasi barang haram tersebut untuk sampai ke Jakarta.

"Surya menerangkan bahwa dia berangkat dari Kepulauan Bengkalis pada Minggu malam sekitar pukul 08.00 WIB. Kemudian sesampai di Sungai Pakning, Surya ke tepi sungai untuk memindahkan empat buah tas yang berisi sabu ke pinggir jalan untuk diambil oleh kurir lainnya," ujarnya.

Setelah barang dipindahkan ke tempat yang dijanjikan, pelaku berangkat ke Pekanbaru untuk menemui pengemudi Grab yang akan mengantar ke Jakarta.

Dari keterangan kedua orang, yakni Tri Widodo dan Budi, mereka tidak mengetahui bahwa Surya adalah seorang kurir. Mereka mengatakan hanya ingin mengantar pelaku ke Jakarta.

"Sementara kedua driver tersebut tidak mengetahui bahwa Surya adalah kurir narkoba," kata dia.

Salahuddin menambahkan, pada Rabu (11/7) pihak kepolisian Polsek KP Bakauheni mengamankan dua mobil berisi 30 kilogram sabu untuk dikirim ke Jakarta dan digagalkan.

Setelah melakukan pengembangan, KSKP Bakauheni berkoordinasi dengan KSKP Merak bahwa ada salah seorang terduga pelaku hendak ke Jakarta menggunakan mobil Avanza.

Lantaran kasusnya ditangani pihak kepolisian Lampung, kata Salahuddin, pihaknya langsung menyerahkan ke pihak berwenang yang ada di Lampung.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed