DetikNews
Kamis 12 Juli 2018, 13:40 WIB

Wawancara Ekslusif Jokowi

Berapa Nilai JK sebagai Wapres, Pak Jokowi?

Erwin Dariyanto - detikNews
Berapa Nilai JK sebagai Wapres, Pak Jokowi? Presiden Joko Widodo dalam sesi wawancara khusus dengan detikcom, Rabu (11/7/2018). (Andhika Prasetia/detikcom)
FOKUS BERITA: Wawancara Khusus Jokowi
Jakarta - Presiden Joko Widodo pernah berharap bisa kembali berduet dengan Jusuf Kalla pada 2019-2024. Namun niat itu terganjal oleh Pasal 169 huruf n Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Salah satu syarat menjadi calon presiden atau calon wakil presiden adalah belum pernah menjabat sebagai presiden atau wapres selama dua kali masa jabatan dalam jabatan yang sama.



Jusuf Kalla, sebelum menjadi wakil presiden di masa Jokowi, pernah menduduki jabatan yang sama di pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. Saat ini JK sudah mendampingi Jokowi selama hampir empat tahun. Jokowi pun memberikan penilaian atas sosok dan kinerja JK.

Berapa nilainya?

"(Nilai) antara 9 dan 8, lebih ke 9," kata Jokowi dalam wawancara khusus dengan detikcom di Istana Merdeka, Rabu (11/7/2018).

Menurut Jokowi, JK adalah sosok dengan pengalaman lengkap. Hampir tak ada bidang yang belum pernah dirambah JK. Di bidang olahraga, politikus Golkar asal Makassar, Sulawesi Selatan, itu pernah memimpin Persatuan Sepakbola Makassar (PSM).



Soal keagamaan, JK memimpin Dewan Masjid Indonesia, juga merupakan tokoh Himpunan Mahasiswa Islam, dan pernah menduduki kursi Ketua Umum Partai Golkar. "Pengalaman beliau lengkap sekali, pernah jadi menteri, menko, wapres," papar Jokowi.



Jokowi pun berharap pasangannya pada Pilpres 2019 nanti akan setara atau mendekati seperti JK.

Soal nama cawapres yang akan digandeng pada Pilpres 2019, hingga kini Jokowi masih merahasiakan namanya. Dia memastikan nama itu sudah ada di kantongnya.
(erd/jat)
FOKUS BERITA: Wawancara Khusus Jokowi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed